Sukses

Jokowi Masih Buka Pintu untuk Koalisi Merah Putih Merapat

"Saya sampaikan sejak awal, kita ini terbuka," ujar Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta - Jokowi masih membuka diri terhadap barisan Koalisi Merah Putih yang ingin merapat ke dalam pemerintahannya.

"Saya sampaikan sejak awal, kita ini terbuka," ujar Jokowi di Balaikota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (3/9/2014).

Terkait urusan penambahan jumlah partai koalisi, Jokowi mengaku dirinya menyerahkan hal tersebut kepada para ketua-ketua parpol dalam barisan pendukungnya.

"Usulan koalisi itu urusan partai. Kalau saya bertemu, Pak SBY misalnya, itu dalam rangka transisi, agar mulus, urusan BBM (bahan bakar minyak). Ketemu Pak Hatta juga, karena kan dia ingin mengucapkan selamat kepada saya dan Pak JK," ucap Jokowi.

"Koalisi itu urusannya partai, ketua umum partai," imbuh dia.

Terkait dengan munculnya pernyataan dari DPP PDIP yang mengatakan, koalisi Jokowi-JK sudah tertutup bagi partai-partai Koalisi Merah Putih, Jokowi mengaku tak mengetahui ada ucapan tersebut.

"Kalau seperti itu, ya tanyakan ke sana, jangan tanyakan ke saya lagi," ujar Jokowi.

Jokowi hanya mengatakan, dirinya tidak pernah menutup diri bila ada partai dari kubu Koalisi Merah Putih yang ingin bergabung. ‎"Kita ingin bangun bareng-bareng kok. Masa kamu mau maju, terus 'jangan-jangan', ya nggak bisa," tutur dia.

Terkait pembicaraan dengan PAN dan PPP yang sebelumnya disebut Jokowi tengah dalam proses mengarah pada koalisi, dia mengaku pembicaraan masih terus berlangsung. "Lah kan saya hanya memberikan informasi, itu urusannya partai. Ya memang dalam proses," tandas Jokowi. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.