Sukses

SBY Bertemu Koalisi Merah Putih, Ini Tanggapan Elite PDIP

Terkait UU MD3, Wakil Ketua DPR RI ini merasa pihaknya dijegal Koalisi Merah Putih.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pagi tadi menggelar pertemuan dengan Koalisi Merah Putih (KMP), yang tak lain gabungan partai pendukung pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa pada Pilpres 2014.

Pertemuan yang digelar di kediaman SBY di Puri Cikeas, Bogor, Jawa Barat, ini diperkirakan membahas beberapa hal. Salah satunya adalah Undang-undang MPR, DPR, DPRD dan DPD (MD3) dan mengenai mekanisme pemilihan ketua DPR dan MPR.

Politisi senior PDIP Pramono Anung menganggap, pertemuan tersebut sah-sah saja. Dalam pertemuan itu, dia melihat SBY hanya berkapasitas memposisikan diri sebagai Ketua Umum Partai Demokrat.

"Yang pertama tentunya melihat (SBY) sebagai ketua umum. Beliau sah-sah saja bertemu dengan koalisi yang secara bersama-sama di Pilpres kemarin mendukung Prabowo dan Hatta," kata Pramono di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (2/9/2014).

Terkait UU MD3, Wakil Ketua DPR RI ini merasa pihaknya dijegal Koalisi Merah Putih. Sebab PDIP yang memenangkan Pileg 9 April 2014, seharusnya memimpin DPR RI sesuai UU MD3. Namun belakangan muncul wacana perubahan mekanisme pemilihan ketua DPR, yakni berdasarkan suara terbanyak. Dengan kata lain kubu Prabowo-Hatta yang memimpin parlemen.

"Tentunya saya lihat ini ke depan karena berkaitan dengan MD3, dan penetapan menjadi pimpinan dewan dan MPR tentu akan berlangsung sangat dinamis," ujar Pramono.

Pada Pilpres 9 Juli 2014, Partai Demokrat yang dipimpin SBY bergabung dengan Koalisi Merah Putih mendukung pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa. Koalisi Merah Putih sendiri merupakan gabungan dari 7 partai yakni Partai Gerindra, PPP, PKS, PAN, PBB, Partai Golkar dan Partai Demokrat.

Sementara kubu Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) yang memenangkan pilpres, didukung koalisi 5 partai yakni PDIP, Partai Nasdem, PKB, Partai Hanura, dan PKPI. (Sun)

Baca juga:

Setelah Hatta, Jokowi Isyaratkan Pertemuan dengan Prabowo

Taslim PAN: Pertemuan Jokowi-Hatta Pertegas Posisi Partai

Jokowi: Koalisi Merah Putih Mau di Luar Pemerintahan Tak Masalah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.