Sukses

Panglima TNI Serahkan Surat Tim Transisi Jokowi ke Menko Polhukam

Panglima TNI Jenderal Moeldoko mengaku langsung meminta petunjuk Menko Polhukam menyikapi datangnya surat itu Tim Transisi Jokowi-JK.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Transisi Jokowi-JK menyampaikan surat kepada Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko untuk melakukan audiensi terkait sistem dan kondisi keamanan di Indonesia. Surat itu sudah diterima.

Usai menerima surat itu, Moeldoko langsung berkoordinasi dengan Menko Polhukam Djoko Suyanto. Moeldoko mengaku langsung meminta petunjuk guna menyikapi datangnya surat itu.

"Saya laporkan ke Menko Polhukam saya sampaikan, Pak ini ada surat dari Tim Transisi, mohon petunjuk," kata Moeldoko di Mabes TNI, Jakarta, Selasa (2/9/2014).

Hasilnya, Menko Polhukam menegaskan, berdasarkan perintah Presiden, segala sesuatu yang berhubungan dengan Tim Transisi langsung dengan ketiga menteri yang ditunjuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yaitu Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Perekonomian Chairul Tanjung, dan Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi. Karena itu, dia belum bisa menerima Tim Transisi.

"Nah petunjuk dari beliau, perintah Bapak Presiden menunjuk 3 menteri berkomunikasi dengan Tim Transisi ini. Di antaranya Menko Polhukam, Menko Perekonomian. Itu saya harus lapor beliau minta pentunjuk," jelas Moeldoko.

Deputi Tim Transisi Andi Wijayanto mengirim surat kepada Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko dan Kapolri Jenderal Polisi Sutarman untuk dapat bertemu dan bertanya banyak hal. Pertemuan itu juga untuk mengetahui kondisi keamanan Indonesia saat ini dan apa yang harus dilakukan ke depan.

Tim Transisi juga akan menggelar pertemuan dengan Wakil Presiden Boediono di Istana Wapres. Pertemuan itu akan membahas masalah kemiskinan dan kesejahteraan sosial yang menjadi tugas Boediono dalam 5 tahun belakangan ini. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.