Sukses

Sutiyoso: Jika Diminta Jokowi, Saya Siap Lepas Jabatan Ketum PKPI

Sutiyoso pun tak akan berpikir dua kali untuk melepaskan jabatannya di PKPI jika Jokowi meminta dirinya bergabung dalam kabinet.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) Sutiyoso mendukung langkah presiden terpilih Jokowi yang tak ingin menteri di kabinetnya nanti memegang jabatan strategis di parpol. Dan Sutiyoso pun tak akan berpikir dua kali untuk melepaskan jabatannya di PKPI jika Jokowi meminta dirinya bergabung dalam kabinet.

"‎Saya tentu setuju, ini kan supaya menteri-menteri di kabinet mengerjakan pekerjaannya dengan fokus. Menteri itu harus fokus menjalankan tugasnya," ujar Sutiyoso saat mengunjungi Balaikota DKI Jakarta, Senin (1/9/2014).

Sutiyoso mengatakan, dirinya siap mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Ketua Umum PKPI jika diminta oleh Jokowi.

"Kalau saya andaikata diminta, saya pasti akan saya lepas. Besoknya saya akan tunjuk Plt. Saya merasa perlu fokus apabila saya diberi tugas di pemerintahan. Saya fokus," ucap dia.

Lalu, sejauh mana komunikasi pria yang karib disapa Bang Yos itu dengan Jokowi terkait pembahasan kabinet? Bang Yos mengaku sejauh ini, dirinya belum pernah membahas mengenai persoalan kabinet atau menawarkan jabatan menteri kepadanya.

"Kalau ketemu, sudah beberapa kali setelah ditetap. Tapi kalau bilang, 'Nanti abang tak (saya) jadikan ini', belum ada. Ya paling sejauh ini hanya komunikasi beri masukan kepada beliau tentang struktur, pentingnya memlilih menteri dengan prinsip the right person in the right place," ucap Sutiyoso.

Dia pun yakin, Jokowi dan JK akan melibatkan seluruh ketua partai, termasuk dirinya saat melakukan penyusunan kabinet.

‎"Beliau tentu akan mengumpulkan ketua-ketua partai koalisi di dalam penyusunan kabinet, beliau ini kan orangnya komunikatif," demikian Sutiyoso. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.