Sukses

Puan Maharani: PDIP-PKB Ibarat Semangka, Luar Hijau Dalam Merah

Puan Maharani menilai partainya selama ini memiliki kedekatan khusus dengan PKB.

Liputan6.com, Surabaya - Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani menilai, partainya selama ini memiliki kedekatan khusus dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), baik dalam ideologi dan pandangan lainnya.

Saking dekatnya, cucu proklamator Bung Karno ini pun mengibaratkan kedua partai tersebut seperti buah semangka. Sebab, kombinasi warna masing-masing partai adalah hijau dan merah.

"Buah semangka itu kan luarnya hijau, dalamnya merah. Hijaunya PKB, warna merahnya PDI Perjuangan," kata Puan saat memberi sambutan dalam Muktamar PKB di Hotel Empire Palace, Surabaya, Jawa Timur, Minggu (31/8/2014).

Puan berujar, kedekatan PDIP dan PKB sudah dimulai sejak era Abdurrahman Wahid alias Gus Dur dan Megawati Soekarnoputri dulu. Saat itu imbuh Puan, dia dan Ketua Umum Partai PKB saat ini, Muhaimin Iskandar, masih politisi pemula.

"Waktu itu saya ikut Bu Mega, Mas Imin ikut Gus Dur, masih imut-imut kita waktu itu," seloroh Puan.

Namun pada era 10 tahun pemerintahan SBY, lanjut Puan, PDIP dan PKB harus berpisah karena pilihan politik yang berbeda. PKB memutuskan bergabung dengan koalisi pemerintahan SBY, sementara PDIP tetap bulat menjadi oposisi.

"Dalam pemilu presiden kemarin, PDIP dan PKB kembali bersama lagi mengusung Jokowi-JK yang akhirnya menang," tandas Puan.

Dia berharap, PDIP, PKB dan partai koalisi lainnya dalam parlemen mendatang bisa mendukung pemerintahan Jokowi-JK untuk membangun Indonesia menjadi lebih baik. (Sun)

Baca juga:

Diledek Jadi Calon Menteri Jokowi-JK, Ini Respons Khofifah
Cak Imin: Pesan Jokowi, PKB Boleh Besar Asal Jangan Ngalahin PDIP
Muhaimin: Mari Kalahkan Beringin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.