Sukses

Jokowi Dorong RAPBN 2015 Segera Dibahas DPR

Jokowi enggan berkomentar banyak saat disinggung, apakah nanti masalah subsidi BBM akan membebani RAPBNnya

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Terpilih Joko Widodo akan mendorong Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2015 untuk segera dibahas di DPR. Menurut pria yang karib disapa Jokowi ini, setelah lolos di DPR maka RAPBN segera dimasukan ke Badan Anggaran DPR RI.

"Iya betul, kan masih punya waktu 1 bulan, itu yang akan kita gunakan," kata Jokowi di Balaikota DKI Jakarta, Kamis (28/8/2014).

Namun Jokowi enggan berkomentar banyak saat disinggung, apakah nanti masalah subsidi BBM akan membebani RAPBN-nya.

"Kamu harus lihat, kamu baca sendiri APBN 2015. Posturnya akan kelihatan, berapa untuk bayar subsidi, berapa untuk bayar utang. Kan kelihatan. Juga anggaran yang mengikat, yang tidak bisa diubah. Untuk pendidikan kan 20 persen, itu tidak bisa diubah. Itu amanat undang-undang," tambah Jokowi.

Terkait masalah BBM, sebelumnya Jokowi mengatakan berencana menaikkan harga BBM. Atas kebijakan ini, Jokowi pun mengaku siap menanggung segala risikonya, termasuk menjadi tidak populer.

Jokowi juga telah membahas masalah BBM dengan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat mereka bertemu di Hotel Laguna, Nusa Dua, Bali, Rabu malam kemarin, 27 Agustus 20014. Jokowi meminta SBY menaikkan harga BBM, tapi dijawab oleh SBY bahwa saat ini waktu tidak tepat. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.