Sukses

Kepala Daerah Berprestasi Dinilai Layak Jadi Menteri Jokowi-JK

Karena memang semangat kabinet yang diusung Presiden RI ke-7 ini adalah kabinet kerja.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden terpilih Joko Widodo dan Jusuf Kalla dalam waktu dekat akan dilantik dan mengumumkan susunan kabinet yang akan membantu pemerintahannya bersama Jusuf Kalla.

Sejumlah gagasan mengenai kriteria kabinet telah muncul dan diharapkan dapat menjadi pertimbangan dalam pemerintahan mendatang. Salah satunya mengenai ide untuk memasukkan nama Kepala Daerah yang selama ini berprestasi pada pemerintahan mendatang.

Menurut pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia, Damayanti, ukuran keberhasilan sejumlah Kepala Daerah seperti Walikota Surabaya Tri Rismaharini, Bupati Kudus Musthofa, dan Walikota Bandung Ridwan Kamil layak dipertimbangkan masuk dalam kabinet Jokowi-JK.

"Faktanya saat ini banyak kepala daerah yang berprestasi. Itu saja sudah bekal
dan syarat layak menjadi menteri," ujar Damayanti, Jakarta, Rabu (27/8/2014).

Meski keempat kepala daerah tadi memiliki popularitas yang cukup tinggi, namun kata Damayanti, hal tersebut bukan merupakan alasannya utamanya gagasan itu dimunculkan. Melainkan lantaran kinerja mereka juga sudah berdampak positif pada masyarakat.

"Ukuran prestasi itu bukan populer, tapi perubahan ditingkat lokal. Itu yang penting," katanya.

Jadi, lanjut Damayanti, sangatlah beralasan bagi Presiden terpilih Jokowi-JK untuk
mempertimbangkan nama-nama kepala daerah berprestasi. Karena memang semangat kabinet yang diusung Presiden RI ke-7 ini adalah kabinet kerja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini