Sukses

JK Indikasikan Hapus Pejabat Eselon III

Pemangkasan diperlukan untuk mencapai reformasi birokrasi.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) mendatang salah satunya akan memfokuskan pada masalah reformasi birokrasi. Deputi Tim Transisi Akbar Faisal mengatakan ada buah pikiran dari Wakil Presiden terpilih Jusuf Kalla terkait reformasi birokrasi.

"Kata Pak JK pejabat eselon III saatnya dihapuskan saja, nggak perlu lagi. Terlalu panjang rentang birokrasinya dan pemerintah jadi nggak efektif," tegas Akbar di Kantor Transisi, Jakarta, Rabu (27/8/2014).

Berdasarkan data dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, PNS eselon III di seluruh kementerian mencapai 5.102 orang. Pemangkasan diperlukan untuk mencapai reformasi birokrasi.

Pemangkasan itu, lanjut Akbar, tertuang dalam opsi pertama yang diajukan oleh Tim Transisi. Yaitu opsi status quo. Di mana jumlah kementerian yang akan mengisi kabinet yang akan datang sama dengan jumlah kementerian yang ada saat ini, tapi dilakukan efisiensi kinerja seluruh kementerian.

"Kalau lakukan pengubahan akan banyak energi dan biaya dengan lihat pengalaman dulu. Soal keputusan mereka berdua. Kita berikan banyak masukan," tandas Akbar. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini