Sukses

Ini Pokok Bahasan SBY-Jokowi di Bali

Ada sejumlah pokok bahasan yang akan dibicarakan antara Jokowi dan SBY di Bali. Apa saja?

Liputan6.com, Jakarta - Presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi direncanakan akan bertemu empat mata dengan Presiden saat ini, Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY. Pertemuan akan dilakukan di Hotel Sheraton Lagoon, Nusa Dua, Bali. Soal ekonomi akan menjadi pokok bahasan kedua tokoh tersebut.

"Pertumbuhan ekonomi berapa persen, nilai tukarnya berapa, lalu utak-atik dari belanja pegawai dan modal, dari situ disimulasikan berapa ratus triliun untuk realokasi Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar," kata Deputi Transisi Andi Widjajanto, di Kantor Transisi Jokowi-JK, Jakarta, Rabu (27/8/2014).

Tidak lupa, Jokowi akan membahas mengenai dana untuk desa. Dari total dana sebesar Rp 9,1 triliun yang ditujukan untuk pembangunan desa, lanjut Andi, bakal diberikan bertahap Rp 300-500 juta per desa.

"Lalu masih tersedia ratusan triliun untuk bantalan sosial dan infrastruktur dan dibedah lebih detil mana yangg akan diprioritaskan. Itu yang menjadi bahan Jokowi untuk ketemu SBY nanti sore atau malam di Bali," terang Andi.

Sebelum pertemuan tersebut, Selasa 26 Agustus Jokowi lebih dulu bertemu Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Pembicaraan itu fokus pada menyeleraskan program kerja prioritas pemerintahannya kelak dengan ruang fiskal terkait pengaturan APBN 2015.

Dalam pertemuan di Bali, Gubernur DKI Jakarta itu mengaku tak didampingi elite partai, anggota Tim Transisi, dan Wakil Presidennya Jusuf Kalla saat bertemu dengan SBY. Jokowi juga mengaku tidak mendapat pesan khusus dari JK dan Ketua Umum PDIP Megawati  Soekarnoputri. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • SBY

  • Bali

Video Terkini