Sukses

Jokowi Minta Tim Transisi Siapkan War Room

Nantinya sebuah peta Indonesia berukuran besar akan dipasang dalam ruangan itu.

Liputan6.com, Jakarta - Rumah Transisi terus bekerja di waktu-waktu menjelang pergantian pemerintahan ini. Tim itu kini tengah sibuk mewujudkan keinginan presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi untuk membentuk ruangan khusus penanggulangan bencana.

"Rumah Transisi hari ini ada agenda beberapa lembaga yang dikunjungi untuk mewujudkan keinginan Pak Jokowi membuat semacam war room di Istana yang bisa membantu Pak Jokowi mendapatkan data di daerah secara real time," kata Deputi Tim Transisi Andi Wijayanto di Rumah Transisi, Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (25/8/2014).

Andi mengatakan, data yang sedang dicari tim transisi merupakan data tematik dan terperinci seluruh daerah di Indonesia. Nantinya sebuah peta Indonesia berukuran besar akan dipasang dalam ruangan itu.

"Misalnya, kalau ada bencana di ruang Pak Jokowi itu ada layar dengan peta kedip merah, Jokowi tinggal pencet dan kelihatan masalah merah itu apa," ungkap Andi.

Sistem itu tak hanya bisa dikendalikan di ruang khusus tersebut. Jokowi juga menginginkan sistem tersebut terintegrasi dengan alat komunikasi, seperti ponsel atau tablet yang bisa dibawa ke mana-mana.

"Itu langsung link ke satu gadget, apakah handphone apakah tab yang bisa dibawa-bawa Pak Jokowi. Jadi kami konsentrasi mendapatkan informasi soal itu," tandas Andi. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini