Sukses

PDIP Sebut 4 Partai Koalisi Merah Putih Bakal Bergabung

Perubahan konstalasi politik itu karena adanya dinamika dalam parpol.

Liputan6.com, Jakarta - PDIP meyakini konstelasi politik pascaputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait sengketa Pilpres 2014 akan berubah. Menurut Ketua DPP PDIP Maruarar Sirait, sebelum pelantikan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) sebagai presiden dan wakil presiden terpilih periode 2014-2019, bakal ada beberapa partai politik yang merapat ke koalisi Jokowi-JK.

Dia menambahkan, hal tersebut bukan karena pragmatisme, tapi karena semua partai ingin memperbarui posisi politiknya.

"Pada saat Oktober nanti akan ada perubahan konstalasi politik, siapa yang berubah, paling sedikit satu partai yang berubah, paling banyak ada 4 partai," kata Maruarar, dalam sebuah diskusi 'Peta Politik Pasca Pilpres', di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (23/8/2014).

Maruarar berujar, dengan hasil putusan MK yang menolak sepenuhnya kubu Prabowo-Hatta dalam sengketa Pilpres 2014, sesungguhnya akan ada perubahan konstalasi politik itu sendiri. Menurutnya, perubahan konstalasi politik karena adanya dinamika dalam parpol.

"Setiap partai tentunya akan mengevaluasi partainya masing-masing, setiap partai itu tentunya memiliki platform masing-masing," papar dia.

Menurutnya, beberapa partai yang kemungkinan besar akan merapat ke koalisi Jokowi-JK adalah, PAN, Golkar, PPP, dan Demokrat.

"Dengan PAN cukup banyak komunikasi, dengan Golkar komunikasi cukup bagus, dengan PPP komunikasi juga cukup bagus, dengan Demokrat juga begitu," tandas Maruarar. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.