Sukses

Jokowi Bakal Dikawal 7 Mobil Patwal

Bersama keluarganya, pria yang karib disapa Jokowi itu akan dikawal selama 5 tahun ke depan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden terpilih Joko Widodo mulai mendapatkan pengawalan dari Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) mulai hari ini. Bersama keluarganya, pria yang karib disapa Jokowi itu akan dikawal selama 5 tahun ke depan.

Meski begitu, Jokowi berharap, pengawalan yang akan diberikan padanya tak terlalu rumit.

"‎Tadi malam kita simpulkan, sudah kita hitung, mobil rombongan berapa. Kalau normal katanya 22 mobil dan saya bilang, saya pengen yang paling simpel, yang paling kecil, tapi tetap pada standar keamanan yang ada," ujar Jokowi usai menghadiri acara Halal Bihalal Relawan Pro Jokowi (ProJo) di Hotel Whizz, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Sabtu, (23/8/2014).

Setelah melakukan pembicaraan, lanjut dia, akhirnya disepakati pengawalan yang diberikan sebanyak 7 mobil patwal. Mobil Jokowi berada setelah 2 mobil patwal di depannya.

"Setelah hitung, hitung, hitung, ketemu, akhirnya disepakati, 7 mobil patwal. Kedua ada, dan yang ketiga baru kita (mobil yang ditumpangi Jokowi)," ucapnya.

Namun, Jokowi mengungkapkan, pengamanan dengan formasi demikian masih dalam tahap ujicoba. Pihaknya masih membuka kemungkinan bila dirasa terlalu ketat, maka akan mengurangi jumlah kendaraan yang mengawal dan personel Paspampres.

"Tetap. Itu yang kita hitung tadi malam. Kurang lebih itu. Tapi memang, saya akan melihat. Ini kan masih nyoba, apa masih memungkinkan misalnya pakai saya tetap pakai Kijang, saya nggak ngerti," tandas Jokowi. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini