Sukses

Berpengalaman Kawal Gus Dur, Paspampres Siap dengan Gaya Jokowi

Meski akan menerapkan standar pengamanan yang maksimal, Paspampres tetap bakal fleksibel dalam menjalankan tugas.

Liputan6.com, Jakarta - Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) resmi bertugas melakukan pengawalan dan pengamanan terhadap pasangan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Joko Widodo dan Jusuf Kalla sejak Jumat, 22 Agustus 2014.

Meski memiliki gaya memimpin yang agak berbeda dengan presiden pada umumnya, Paspampres mengaku sudah siap menjalankan tugasnya menjaga Jokowi yang terkenal kerap melakukan kegiatan di luar protokoler.

"Tidak (kesulitan). Kita punya pengalaman beberapa presiden. Kita ingat dulu Bapak Gus Dur dan Pak Habibie, kami menyesuaikan dan beradaptasi dengan kegiatan tersebut," ujar Asisten Operasi Komandan Paspampres Kolonel A Budi Handoyo di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (22/8/2014).

Menurut Budi, meski akan menerapkan standar pengamanan maksimal, Paspampres tetap bakal fleksibel dalam menjalankan tugas. Dan yang terpenting, orang nomor 1 di Indonesia itu merasa tetap nyaman dalam menjalankan tugasnya sebagai kepala negara.

"Kita punya SOP, tapi tidak menghilangkan dari standar maksimum. Jadi kita fleksibel tapi standar maksimum keamanan kita tidak akan kurang," katanya.

Sementara mengenai jumlah personel yang akan mengawal presiden, pihaknya akan menyesuaikan dengan kegiatan yang akan dijalani Jokowi nanti.

"Sesuai dengan tingkat kegiatan, sesuai bisa lebih banyak, sedikit, tergantung kegiatannya besar atau kecil," tandas Budi Handoyo. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.