Sukses

Fadli Zon Usai Putusan MK: Koalisi Merah Putih Solid

Jokowi sebelumnya mengungkapkan PAN dan Partai Demokrat kemungkinan besar akan bergabung.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Fadli Zon menyebut bahwa Koalisi Merah Putih atau pihak yang selama ini mengusung pasangan Prabowo-Hatta sebagai presiden dan wakil presiden tetap solid. Kelompok yang terdiri dari Gerindra, Golkar, PAN, PPP, PKS, dan PBB tidak akan masuk dalam pemerintahan mendatang. Termasuk Partai Demokrat yang belakangan dikabarkan bakal merapat ke pasangan Jokowi-JK.

Jadi menurut Fadli, jika ada pernyataan dari kubu Jokowi-JK mengenai sikap Partai Demokrat yang akan berbalik mendukung capres nomor urut 2, itu merupakan pernyataan yang tidak bisa dipertanggung jawabkan.

"Saya kira hanya asbun (asal bunyi) saja itu.  Kita pastikan di DPR Koalisi Merah Putih solid," ujar Fadli Zon di Hotel Grand Hyatt, Jakarta, Kamis (21/8/2014) malam.

Hal senada juga disampaikan oleh Juru Bicara Koalisi Merah Putih, Tantowi Yahya. Menurutnya, baik Demokrat maupun parpol pengusung Prabowo-Hatta lainnya tidak akan berpaling ke Jokowi-JK.

"Jokowi-JK butuh paling tidak 1 partai lagi untuk kekuatan di parlemen. Ditegaskan PAN akan terus berada di Koalisi Merah Putih, sama juga dengan Demokrat. Nurhayati (Ketua Fraksi Demokrat di DPR) tegaskan tetap ke Koalisi," kata Tantowi yang merupakan kader Partai Golkar.

Jokowi sebelumnya mengungkapkan PAN dan Partai Demokrat kemungkinan besar akan menyeberang dan mengalihkan dukungan kepadanya. "Nih, saya omong apa adanya. Kemungkinan PAN dan Partai Demokrat (bergabung dalam barisan koalisi). Itu kemungkinan," ujar Jokowi di Balaikota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, 19 Agustus.

Menurut mantan Walikota Solo tersebut, dua Partai tersebut saat ini tengah melakukan penjajakan yang mengarah pada koalisi dan kerjasama dalam mendukungnya, baik itu di pemerintahan maupun di parlemen. "Ya, ini masih proses, semoga segera rampung," ucapnya.

Baca juga:

MK Tolak Seluruh Gugatan Prabowo-Hatta

Ketuk Palu untuk Kemenangan Jokowi-JK

Tanggapan Prabowo Soal Gugatannya Ditolak MK

Ini Langkah Jokowi-JK Selanjutnya

Pendapat MK Terkait Kesaksian Novela Nawipa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.