Sukses

Ical Minta Jokowi Bentuk Koalisi Permanen Seperti Prabowo

Menurut Ketum Golkar itu, Jokowi-JK tidak perlu menarik-narik anggota koalisi Merah Putih yang sudah terbentuk.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum DPP Partai Golkar, Aburizal Bakrie atau Ical meminta kepada koalisi Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) untuk membentuk sebuah koalisi permanen dengan seluruh parpol pendukungnya, seperti yang dilakukan kubu Prabowo-Hatta.

Sehingga, menurut dia, Jokowi-JK tidak perlu menarik-narik anggota koalisi Merah Putih yang sudah terbentuk dan berkomitmen tetap bersama selama 5 tahun mendatang.

"Saya berharap di sana ada koalisi permanen yang dibentuk berdasarkan persamaan," kata Ical di Kantor DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Rabu (20/8/2014) malam.

Lebih jauh Bos Bakrie Group itu menilai, apabila Jokowi-JK membentuk koalisi permanen yang sama, maka hal itu akan berdampak positif bagi dunia perpolitikan nasional. Sebab nantinya tidak akan ada lagi intrik-intrik politik kotor atau transaksional dalam pemerintahan lima tahun mendatang.

"Jika koalisi permanen cuma ada dua jadi presiden mendatang, baik nantinya Prabowo-Hatta atau Jokowi-JK tidak perlu melakukan negosiasi politik kepada seluruh parpol yang di parlemen," beber dia.

Tak lupa, Ical mengatakan jika Jokowi-JK tak membentuk koalisi permanen nantinya akan sama seperti pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di mana kontrak politiknya dilakukan kepada seluruh parpol yang ada.

"Akibatnya pemerintah harus mekaukan komunikasi politik ke pada sembilan parpol. Namun kalau ada dua koalisi permanen maka nantinya hanya akan ada komunikasi politik dengan dua koalisi saja," tandas Ical.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo

  • Ical