Sukses

Pengamat: Usai Putusan MK akan Terjadi Perubahan Peta Politik

Menurut Karyono, beberapa parpol dalam Koalisi Merah Putih akan mengubah haluan politiknya dan memilih merapat ke kubu Jokowi-JK.

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat politik Karyono Wibowo menilai akan ada perubahan peta politik setelah diumumkannya putusan sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) Pilpres 2014 oleh Mahkamah Konstitusi (MK). Ia mengatakan Koalisi Merah Putih yang dibentuk kubu Prabowo Subianto-Hatta Rajasa kemungkinan besar akan bubar.

"Pasca-putusan MK peta Koalisi Merah Putih akan mencair. Koalisi Merah Putih hanya ibarat fenomena gunung es," kata dia dalam sebuah diskusi di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (20/8/2014).

Menurut Karyono, beberapa partai politik di dalam Koalisi Merah Putih akan mengubah haluan politiknya dan lebih memilih merapat ke kubu pasangan Jokowi-JK.

"Parpol-parpol di Koalisi Merah Putih bisa berkoalisi ke Jokowi-JK. Impian prabowo membangun koalisi permanen hanya sekadar impian. Saya yakin pasca-putusan MK akan terjadi perubahan peta politik," ucap Karyono.

Sebelumnya, presiden terpilih Joko Widodo atau Jokowi mengungkapkan 2 partai dalam barisan Koalisi Merah Putih yang merupakan pendukung pasangan Prabowo-Hatta yaitu Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Demokrat kemungkinan besar akan menyeberang dan mengalihkan dukungan kepadanya.

"Nih, saya omong apa adanya. Kemungkinan PAN dan Partai Demokrat (bergabung dalam barisan koalisi). Itu kemungkinan," ujar Jokowi di Balaikota, Selasa 19 Agustus 2014.

Menurut mantan Walikota Solo tersebut, 2 partai itu saat ini tengah melakukan penjajakan yang mengarah pada koalisi dan kerja sama dalam mendukungnya, baik itu di pemerintahan maupun di parlemen. "Ya, ini masih proses, semoga segera rampung," ucapnya. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini