Sukses

PKB Optimis Jokowi-JK Menang di MK, No Comment Soal Kabinet

Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) merupakan salah satu partai politik pengusung pasangan Jokowi-JK pada Pilpres 2014.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yakin pasangan Jokowi-JK akan memenangkan gugatan sengketa Pemilihan Presiden 2014 di Mahkamah Konstitusi (MK) yang diajukan pasangan Prabowo-Hatta.

Menurut Ketua Fraksi PKB Marwan Jafar, keyakinan itu lantaran apa yang dilaporkan kubu Prabowo-Hatta tidak memenuhi unsur-unsur hukum dalam persidangan.

"Yang kita dapat dari pengacara, kita sangat optimis menang gugatan di MK. Bahasanya unstoppable. Sangat kemungkinan dugaan saya itu akan ditolak hakim," ujar Marwan Jafar di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (15/8/2014).

PKB merupakan salah satu partai politik pengusung pasangan Jokowi-JK pada Pilpres 2014. Bahkan, partai yang didirikan oleh mantan Presiden Abdurrahman Wahid ini dinilai paling konsisten mendukung pasangan nomor urut 2 selain PDIP dan Nasdem.

Walau optimistis Jokowi-JK menang dalam sidang gugatan MK, Marwan Jafar enggan berkomentar mengenai hal ini. Ketua DPP PKB yang biasanya cukup terbuka ini bahkan tampak tidak tertarik membicarakan kemungkinan PKB akan mendapat jatah menteri dari PKB.

"No comment. Saya kalau bicara soal itu no comment," pungkas Marwan sambil berlalu.

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar sebelumnya juga mengaku akan menyerahkan semua keputusan mengenai susunan kabinet pemerintahan mendatang kepada Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Jokowi-JK.

Menurut Muhaimin, dalam sistem pemerintahan presidensial yang dianut Indonesia, presiden merupakan pihak yang menentukan dalam penunjukan para pembantunya. (Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.