Sukses

Kotak Suara di Medan dan Sampang Dibongkar

Sebanyak 480 kotak suara dari 480 TPS dibuka oleh KPU Medan.

Liputan6.com, Medan - Sebanyak 480 kotak suara dari 480 Tempat Pemungutan Suara (TPS) dibuka oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Medan.

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Minggu (10/8/2014), pembukaan kotak suara itu dilakukan dengan disaksikan oleh panitia pengawas pemilu (Panwaslu), saksi dari kedua pasangan calon presiden (capres), juga dengan pengamanan oleh puluhan anggota polisi.

Dalam perbaikan gugatan yang dilayangkan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa pada perkara perselisihan hasil pemilihan umum, KPU Kota Medan masuk dalam daftar tergugat.

Pasangan capres nomor 1 itu memfokuskan dugaan pelanggaran adanya pemilih fiktif yang masih tertera di Daftar Pemilih Tetap (DPT). Jumlah suara pada daftar pemilih khusus dan tambahan di 21 kecamatan Medan terdapat 81.000 pemilih tambahan atau bertambah 11% yang tersebar di 480 TPS. Jumlah tersebut dianggap kubu Prabowo-Hatta sebagai indikasi mobilisasi massa.

KPU Medan menyiapkan barang bukti sanggahan atas tuduhan Prabowo-Hatta dengan rincian dokumen formulir C1, C1 plano, C2 atau formulir keberatan, C5, KTP, serta daftar hadir dari kotak suara yang dibuka hari ini.

Sementara di Sampang, Jawa Timur, anggota KPU Sampang, Panwaslu dan saksi partai politik menyaksikan pembukaan kotak suara di 3 TPS yaitu TPS 8 dan 9 Desa Karanganyar, Kecamatan Ketapang serta TPS 4 di Desa Tlageh, Kecamatan Banyuates, Sampang.

Pembukaan kotak suara di 3 TPS itu mendapat protes dari saksi pemenangan Prabowo-Hatta. Saksi mempertanyakan karena kotak tersebut dulu pernah dibuka untuk kepentingan rekapitulasi perolehan suara di KPU Sampang. Setelah dijelaskan jika hanya akan mengambil formulir C1 dan C7 sesuai perintah Mahkamah Konstitusi (MK), saksi akhirnya setuju.

Pembukaan 3 kotak suara di 3 TPS hari ini merupakan kelanjutan dari gugatan tim Prabowo-Hatta yang curiga karena di 3 TPS tersebut suara 100% dimenangkan oleh Joko Widodo-Jusuf Kalla, sementara suara Prabowo-Hatta nihil atau kosong.

Baca Juga:

Kotak Suara Pilpres di Sukabumi dan Majalengka Dibongkar

Cari Bukti Kecurangan, KPUD Buka Kotak Suara Pilpres 2014

Buntut Sengketa Pilpres, KPU Kota Bogor Buka Kotak Suara

(Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini