Sukses

Jokowi: Saya Tetap Seperti yang Dulu

Setelah nanti resmi dilantik sebagai Presiden RI, Jokowi berjanji tidak akan membedakan masyarakat.

Liputan6.com, Solo - Presiden terpilih Joko Widodo (Jokowi) menjanjikan bahwa dirinya setelah nanti dilantik menjadi Presiden Republik Indonesia tidak akan membeda-bedakan masyarakat. Sebab, semua mempunyai kesempatan sekaligus harus diperlakukan sama.

"Saya setelah resmi menjadi Presiden RI tidak akan membedakan masyarakat. Saya tetap seperti yang dulu," kata Jokowi, di Solo, Rabu (30/7/2014).

Gubernur Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta tersebut mengemukakan, acara silaturahmi secara terbuka (open house) bersama di Graha Saba, Sumber, Solo, Jawa Tengah, Rabu siang, ternyata masyarakat yang hadir sangat luar biasa banyaknya, dan mereka masih mau menggunakan budaya antrean tertib walau mencapai ribuan orang.

"Kami dengan kegiatan open house untuk umum pada Lebaran ini, artinya mengorangkan orang atau budaya saling menghormati akan terus ditanamkan. Masyarakat yang hadir dari semua lapisan," kata Jokowi yang berpasangan dengan Jusuf Kalla saat Pilpres 9 Juli lalu.

Menurut mantan Walikota Solo itu, tradisi silaturahmi atau open house tersebut akan terus dilakukan. Tempatnya dapat di mana-mana atau ia mendatangi rumah warga.

Ia menjelaskan, awalnya bersama istri berencana pulang ke Solo untuk melakukan sungkeman ke orang tua dan silaturahmi dengan semua keluarganya secara internal.

Namun Jokowi menyatakan banyak kedatangan masyarakat yang tidak bisa terbendung ingin berjabat tangan dengannya di rumah, sehingga secara mendadak dijadwalkan acara silaturahim umum di Gedung Graha Saba, Solo.

Menurut Jokowi, dalam silaturahmi itu dirinya banyak pertemu dengan teman-teman sekolah semasa sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP), sekolah memengah atas (SMA) dan kuliah yang sudah lebih dari 20 tahun tidak bertemu, serta masyarakat umum lainnya.

Bahkan, masyarakat banyak yang menitipkan surat dan pesan secara langsung tentang pendidikan dan kesehatan. Hal ini, menurut Jokowi, secara tertulis maupun lisan akan diperhatikan karena semuanya sebagai wujud dukungan maupun harapan masyarakat.

"Saya sangat bangga antusias masyarakat ingin bertemu silaturahmi luar biasa. Bahkan, kegiatan open house dihadiri selain warga Solo, juga daerah luar kota lainnya di Jateng, dan Kalimantan, Jakarta, dan Surabaya juga ada," ujar Jokowi. (Ant)

Baca juga:

Jokowi: Warga Solo Masih Cinta Saya
Jokowi Gelar Open House di Graha Saba Buana Solo
Tak Revolusioner, Evaluasi 100 Hari Perlu Ditinggalkan Jokowi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini