Sukses

Makna Lebaran Bagi Jokowi Sang Presiden Terpilih

Status sebagai presiden terpilih ternyata tak juga membuat pria bertubuh kurus itu berubah.

Liputan6.com, Solo - Idul Fitri 1435 Hijriah menjadi Lebaran pertama bagi Joko Widodo setelah ditetapkan sebagai presiden terpilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU). Pria yang kerap disapa Jokowi ini memilih Lebaran di Jakarta.

Jokowi saat ini kembali menduduki posisinya sebagai Gubernur DKI Jakarta. 3 Hari sebelum Lebaran, bersama istrinya, Iriana menyempatkan diri pulang ke kampung halaman di Solo, Jawa Tengah mengunjungi ibunda dan putranya. Lalu apa makna Lebaran kali ini baginya?

"Hari kemenangan setelah sebulan penuh berpuasa, bertemu banyak keluarga, masyarakat, teman-teman, saudara. Senangnya di situ," kata Jokowi di kediamannya di Solo, Jawa Tengah, Minggu (27/7/2014).

Meski terkesan sederhana, bertemu sanak saudara merupakan salah satu hal spesial saat merayakan Lebaran. Maklum saja, rutinitas sebagai Gubernur DKI Jakarta ditambah kesibukan berkampanye sebagai capres yang banyak menyita waktu.

"Karena rutinitas nggak pernah ketemu keluarga, teman, sahabat," katanya.

Status sebagai presiden terpilih ternyata tak juga membuat pria bertubuh kurus itu berubah. Dia mengaku tidak banyak perbedaan antara Lebaran tahun lalu dengan tahun ini.

Sementara sang istri menyebut, yang paling beda dari diri sang suami hanyalah tingkat popularitasnya. Saat ini nama Jokowi sudah dikenal. "Masyarakat sekarang sudah lebih tahu. Kadang malah masyarakat sudah dari pagi sudah menunggu," ujar Iriana.

"Ada yang dari Papua, Pekalongan, rombongan-rombongan, semuanya datang," timpal Jokowi sambil tertawa. (Mvi)

Baca juga:

Jokowi Pilih Salat Id di Balaikota, JK di Masjid Al Azhar

Tradisi Lebaran Jokowi Setelah Jadi Presiden

Jadi Presiden, Jokowi: Saya Nggak Pernah Bermimpi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini