Sukses

SBY: Gugatan Prabowo ke MK Bukan Hal Luar Biasa

SBY berharap penuh kepada MK untuk bersikap adil dan netral dalam mengusut sengketa ini.

Liputan6.com, Jakarta - Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa mengajukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK) pada Jumat 25 Juli 2014 petang kemarin lantaran menurut mereka ada kecurangan masif pada proses Pilpres 2014.

Menanggapi hal itu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menilai gugatan yang diajukan pasangan Prabowo–Hatta tersebut bukanlah sesuatu yang luar biasa.

"Dulu pun dalam Pemilu Presiden tahun 2009, baik pasangan Megawati-Prabowo Subianto maupun pasangan Wiranto–Jusuf Kalla juga tidak menerima hasil yang diumumkan oleh KPU, dan kemudian membawanya ke Mahkamah Konstitusi. Jadi, ini bukan yang pertama kali," ujar SBY dalam tayangan video "Isu Terkini" di YouTube, yang ditulis pada Sabtu (26/7/2014).

Menurut Presiden ke-6 RI itu, MK saat itu telah memproses gugatan yang diajukan pasangan Megawati-Prabowo maupun pasangan Wiranto–Jusuf Kalla secara transparan dan bertanggung jawab.

Kali ini pun, SBY memberikan kepercayaan penuh kepada MK untuk bisa memproses gugatan yang diajukan oleh pasangan Prabowo itu.

"Saya juga memberikan dukungan sekaligus harapan kepada MK untuk menangani masalah ini dengan sebaik-baiknya, dan seadil-adilnya," ujarnya.

Selain itu, Ketum Demokrat itu juga mengingatkan pesan yang disampaikan Prabowo pada saat menyampaikan pernyataan pada 22 Juli yang lalu agar massa pendukung dan konstituennya  diharapkan tenang, sambil menghormati proses yang sedang ditempuh melalui MK. Presiden berharap, hal ini betul-betul dilaksanakan.

"Saya juga punya keyakinan dan harapan agar segala sesuatunya diproses dengan baik karena yang penting adalah regularitas demokrasi harus dapat kita jaga," tandas SBY. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo Subianto

  • SBY

Video Terkini