Sukses

Pilpres Usai, Koalisi Masyarakat Sipil Apresiasi SBY dan KPU

Mereka menilai partisipasi masyarakat pada pesta demokrasi kali ini lebih meningkat.

Liputan6.com, Jakarta - Koalisi Masyarakat Sipil yang terdiri dari beberapa tokoh agama, artis, dan LSM mengapresiasi Presiden SBY dan KPU yang sudah menyelesaikan tahapan Pemilu dengan baik. Bahkan, mereka menilai partisipasi masyarakat pada pesta demokrasi kali ini lebih meningkat.

"Kami mengapresiasi kinerja Presiden SBY yang dalam menjaga dan menjamin lancarnya pelaksanaan Pilpres sampai KPU mengumumkan hasil Pilpres secara resmi," ujar Koordinator Koalisi Masyarakat Sipil Romo Benny Susetyo di Gedung PBNU, Jakarta, Rabu (23/7/2014).

Benny menjelaskan, masa transisi pemerintahan, mulai hari ini sampai 20 Oktober mendatang masih memerlukan peran SBY. Presiden RI ke-6 itu perlu mengawal dan menjamin kelancaran proses suksesi kepemimpinan bangsa.

Selain mengapresiasi SBY, Koalisi ini juga memberikan apresiasi pada KPU. Mereka menilai KPU periode ini telah meningkatkan partisipasi pemilih di Indonesia.

"KPU mampu mengirim, mengelola sertifikat penghitungan suara di TPS dalam C1 yang dipublikasikan terbuka. Publikasi formulir C1 ini terbukti mendapatkan feedback dari publik yang menghitung sendiri hasil rekapitulasi berdasarkan formulir yang dipublikasikan KPU," imbuhnya.

"Kebijakan KPU terbukti meningkatkan kualitas partisipasi rakyat, bukan hanya dalam pemberian suara, tapi juga dalam penghitungan dan pengawalan," tegas Benny.

Pada 22 Juli kemarin, KPU telah mengesahkan penghitungan suara dan mengumumkan pasangan capres nomor 2, Jokowi-JK sebagai Presiden dan Wakil Presiden ke 7. Jokowi-JK menang dengan perolehan 70.997.883 suara atau 53,15%.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.