Sukses

Jokowi-JK Susun Kabinet Usai Lebaran

Tjahjo menegaskan, pengisi kursi kabinet mendatang merupakan orang-orang yang mumpuni di bidangnya dan bersedia diajak kerja sama.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal PDIP Tjahjo Kumolo mengatakan, pasangan capres dan cawapres terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) belum menetapkan kabinet. Kapan rencana penyusnan kabinet, juga belum diketahui pasti. Sebab semua akan diserahkan kepada pasangan Jokowi-JK.

"Belum, itu haknya Pak Jokowi dan Pak Jusuf Kalla. Saya kira itu tunggulah saatnya nanti, Pak Jokowi akan menyampaikan dengan penetapannya setelah lebaranlah itu aja," ujar Tjahjo usai acara penghitungan akhir suara di kantor KPU, Jakarta, Selasa (22/7/2014) malam.

Menurut Tjahjo, Jokowi-JK tak akan terpengaruh dalam penyusunan kabinet. Bila ada partai pendukung Koalisi Merah Putih merapat ke kubunya. Sebab, penyusunan kabinet pemerintahan Jokowi-JK nanti akan dilakukan secara profesional.

"Saya kira tidak, saya kira Pak Jokowi dan Pak Jusuf Kalla sepakat bahwa kabinet ke depan yang beliau pimpin adalah kabinet yang profesional," ujar Tjahjo.

Tjahjo menegaskan, pengisi kursi kabinet mendatang merupakan orang-orang yang mumpuni pada bidangnya masing-masing dan bersedia diajak kerja sama.

"Tapi orang yang diambil pada bidangnya yang bisa bekerja sama secara kolektif, dalam rangka sistem presidensil, saya kira menjamin," pungkas Tjahjo.

Hasil rekapitulasi yang diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU), pasangan Jokowi-JK memperoleh 70.997.883 suara atau 53.15%, sedangkan pasangan Prabowo-Hatta mendapat 62.576.444 suara atau 46,85%. Selisih perolehan keduanya sebesar 8.421.389 suara atau 6,3%. (Ali)

Baca juga:

Jokowi Jadi Presiden Terpilih, Ibunda Sujud Syukur

Sultan Minta Warga Yogya Tenang Sikapi Hasil Pilpres

Ditetapkan Jadi Presiden-Wapres, Wajah Jokowi-JK Berseri-seri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini