Sukses

Jokowi: Pilpres Memunculkan Optimisme Baru

Jokowi menegaskan pemilihan presiden tahun ini memunculkan optimisme baru bagi Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden terpilih Joko Widodo menyampaikan pidato kemenangan di Kapal Phinisi, Pelabuhan Sunda, Jakarta Utara. Dalam pidato yang ditemani wakilnya, Jusuf Kalla, pria yang akrab disapa Jokowi itu menyampaikan pentingnya berpolitik dengan penuh cinta.

"Kita harus membuktikan pada anak cucu kita bawah politik penuh keriangan. Di dalamnya ada kegembiraan, ada kebajikan. Politik itu suatu pembebasan," kata Jokowi di atas geladak Kapal Phinisi, Selasa (22/7/2014) malam.

Jokowi menegaskan pemilihan presiden tahun ini memunculkan optimisme baru bagi Indonesia. Hal itu lantaran Indonesia telah lama mati suri dari kejayaan yang dibangun atas dasar gotong royong.

"Pemilihan presiden memunculkan optimisme baru bagi bangsa Indonesia. Kesukarelaan yang telah lama mati suri itu kini hadir kembali," ungkap suami dari Iriana tersebut.

"Bukan lagi sebagai peristiwa politik semata-mata tapi juga kebudayaan, dari seniman sampai pengayuh becak membuktikan ada semangat kegotongroyongan yang tak pernah mati," tukas Jokowi.

Kapal Phinisi yang menjadi tempat Jokowi menyampaikan pidato kemenangan itu sebelumnya telah terparkir di tepi pelabuhan di Darmaga 9, Pelabuhan Sunda Kelapa sejak siang. Kapal itu bernama Hati Buana Setia.

Untuk mempercantik kapal, beberapa ornamen bendera-bendera hiasan dan lampu berwarna-warni tampak menghiasi bagian depan kapal yang menjadi panggung bagi Jokowi untuk menyampaikan pidatonya.‎

Kapal yang hampir seluruh bagiannya didominasi warna putih dan merah itu dijaga beberapa petugas kepolisian. Upaya sterilisasi akan dilakukan hingga pidato kemenangan disampaikan Jokowi nanti.

Acara tersebut hanya dihadiri para tim sukses  dan jurnalis. Jokowi dan Jusuf Kalla (JK) datang menggunakan 2 speed boat. JK yang mengenakan jaket berwarna hitam itu tiba lebih dulu di geladak kapal Phinisi pada pukul 22.42 WIB dan ditemani pengusaha Sofyan Wanandi, Indra Pilliang, dan Arya Bima.

Tak lama berselang, muncul Anies Baswedan yang menemani Joko Widodo. Presiden terpilih itu mengenakan baju batik berwarna cokelat. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini