Sukses

Usai Pidato di Kapal, Jokowi Bantu JK Turun ke Dermaga

Kapal layar bernama Hati Buana Setia itu telah dipersiapkan sejak siang tadi.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden terpilih Pilpres 2014, Joko Widodo (Jokowi) langsung menuju ke Sunda Kelapa, Penjaringan, Jakarta Utara melakukan pidato perdananya, usai menghadiri penetapan hasil Pilpres 2014 di Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Jokowi yang hadir bersama cawapres terpilih Jusuf Kalla (JK) itu langsung menyampaikan pidatonya di atas kapal layar, yang berlangsung relatif singkat, tak lebih dari 15 menit. Keduanya disambut musik perkusi. Pidato selesai, kedunya pun kembali ke kediamannya.

Namun seperti pantauan Liputan6.com, Selasa 22 Juli 2014, kerja sama keduanya mulai terlihat. Jokowi menuntun JK, saat menuruni perahu menuju ke dermaga yang memang cukup sulit dilalui orang yang seumuran JK, yang kini berumur di atas 70 tahun itu.

Kapal layar yang menjadi tempat Jokowi menyampaikan pidato kemenangan itu, sebelumnya telah diparkir di tepi pelabuhan di Darmaga 9, Pelabuhan Sunda Kelapa. Kapal layar bernama Hati Buana Setia itu telah dipersiapkan sejak siang tadi.

JK tiba di Dermaga 9, Pelabuhan Sunda Kelapa sekitar pukul 22.40 WIB didampingi Sofyan Wanandi, Yuddy Krisnandi, dan pendukung lainnya. Selang beberapa menit Jokowi tiba dengan perahu berbeda didampingi Anies Baswedan, Arya Bima dan tim sukses lainnya.

Sementara hasil rekapitulasi yang diumumkan KPU, pasangan Jokowi-JK memperoleh 70.997.883 suara atau 53.15%, sedangkan pasangan Prabowo-Hatta mendapat 62.576.444 suara atau 46,85%. Selisih perolehan keduanya sebesar 8.421.389 suara atau 6,3%. (Yus)

Baca juga:

Jokowi Jadi Presiden Terpilih, Ibunda Sujud Syukur

Sultan Minta Warga Yogya Tenang Sikapi Hasil Pilpres

Ditetapkan Jadi Presiden-Wapres, Wajah Jokowi-JK Berseri-seri

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini