Sukses

Jokowi: Pulihkan Kembali Hubungan yang Sempat Renggang

"Pulihkan kembali hubungan keluarga dengan keluarga, teman dengan teman, tetangga dengan tetangga yang sempat renggang."

Liputan6.com, Jakarta KPU telah menetapkan pasangan nomor urut 2 sebagai pemenang Pilpres 2014. Seusai menyambangi kantor KPU, Jokowi dan JK melakukan pidato kemenangan di Kapal Phinisi, Dermaga 9, Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara.

Dalam sambutannya, Jokowi menyatakan kemenangan ini merupakan kemenangan rakyat Indonesia. Dirinya akan mewujudkan Indonesia yang berdaulat secara politik dan berdikari secara ekonomi.

"Namun dalam beberapa bulan terakhir perbedaan politik seakan memisahkan kita. Padahal perbedaan adalah segala hal yang pasti ada dalam demokrasi," ucap Jokowi, Selasa (22/7/2014).

Jokowi mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia untuk kembali beraktivitas seperti semula. Proses pemilu yang telah terjadi, kata dia, jangan menjadi sebab keretakan hubungan.

"Dengan kerendahan hati kami Jokowi-JK menyerukan pada saudara sebangsa se-Tanah Air untuk kembali ke takdir sejarahnya. Bangsa yang satu, bangsa Indonesia. Pulihkan kembali hubungan keluarga dengan keluarga, teman dengan teman, tetangga dengan tetangga yang sempat renggang," imbau Jokowi.

Kapal Phinisi yang menjadi tempat Jokowi menyampaikan pidato kemenangan itu sebelumnya telah terparkir di tepi pelabuhan di Darmaga 9, Pelabuhan Sunda Kelapa sejak siang. Kapal itu bernama Hati Buana Setia.

Untuk mempercantik kapal, beberapa ornamen bendera-bendera hiasan dan lampu berwarna-warni tampak menghiasi bagian depan kapal yang menjadi panggung bagi Jokowi untuk menyampaikan pidatonya.‎

Kapal yang hampir seluruh bagiannya didominasi warna putih dan merah itu dijaga beberapa petugas kepolisian. Upaya sterilisasi akan dilakukan hingga pidato kemenangan disampaikan Jokowi nanti.

Acara tersebut hanya dihadiri para tim sukses  dan jurnalis. Jokowi dan Jusuf Kalla (JK) datang menggunakan 2 speed boat. JK yang mengenakan jaket berwarna hitam itu tiba lebih dulu di geladak kapal Phinisi pada pukul 22.42 WIB dan ditemani pengusaha Sofyan Wanandi, Indra Pilliang, dan Arya Bima.

Tak lama berselang, muncul Anies Baswedan yang menemani Joko Widodo. Presiden terpilih itu mengenakan baju batik berwarna cokelat. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.