Sukses

Jokowi Pidato Kemenangan di Kapal Pinisi Pelabuhan Sunda Kelapa

Total perolehan suara Jokowi-JK sebesar 70.997.883 atau 53,15%. Sedangkan Prabowo-Hatta 62.576.444 atau 46,85%.

Liputan6.com, Jakarta - Rekapitulasi suara nasional Pilpres 2014 telah dirampungkan KPU. Hasilnya, pasangan Jokowi-JK keluar sebagai pemenang Pilpres 2014.

Total perolehan suara Jokowi-JK sebesar 70.997.883 atau 53,15%. Sedangkan Prabowo-Hatta 62.576.444 atau 46,85%. Selisih perolehan keduanya sebesar 8.421.389 suara atau 6,3%.

Jokowi pun kini menuju ke Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara. Informasinya, Jokowi bersama JK akan menyampaikan pidato kemenangannya di atas sebuah kapal pinisi berukuran besar yang sandar di pelabuhan tersebut.

"Iya ke Sunda Kelapa," ujar Jubir Jokowi-JK, Anies Baswedan, Selasa (22/7/2014).

Pantauan Liputan6.com, saat bertolak ke Pelabuhan Sunda Kelapa dari kediaman Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Jokowi tanpa didampingi para ketua umum parpol koalisi dan tim pemenangannya.

Semula Jokowi-JK turut serta dalam jumpa pers kemenangan Pilpres 2014 di kediaman Mega, di Kawasan Kebagusan, Jakarta. Mereka duduk sebaris di belakang meja panjang.

JK yang mengenakan batik ungu dan peci hitam, lalu Jokowi dengan kemeja putih, lalu Mega dengan kemeja biru kotak-kotak, Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDIP Puan Maharani dengan blus hijau. Selanjutnya Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua Umum Partai Hanura Wiranto, dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

Ucapan selamat pun disampaikan Mega. Lalu berlanjut dari Surya Paloh. Namun kemudian jumpa pers terhenti.

"Untuk menghormati pengumuman resmi dari KPU yang rencananya akan disampaikan pada pukul 20.00 WIB, kami meminta Pak Jokowi dan Pak JK untuk meninggalkan jumpa pers," ucap Wakil Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto selaku pembawa acara.

Jokowi-JK kemudian berdiri dan hendak beranjak dari arena jumpa pers sambil tersenyum. Namun kemudian Hasto meminta semua peserta jumpa pers berdiri untuk foto bersama terlebih dulu.

Mereka saling bergandengan tangan. Menaikkan genggaman tangan sebahu. Jepret! Semua tersenyum. Setelah itu Jokowi-JK berlalu dari arena jumpa pers.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini