Sukses

Alasan Prabowo Baru Mundur Jelang Pengumuman Hasil Pilpres

Fadli mengatakan, pihaknya sejak awal sudah mengajukan berbagai keberatan dan aduan terkait banyaknya dugaan kecurangan dan kejanggalan.

Liputan6.com, Jakarta - Prabowo Subianto menarik diri dari Pilpres 2014. Alasannya, banyak kecurangan yang ditemukan tim saksinya dari berbagai daerah.

Keputusan ini memang baru saja diambil, setelah melalui rapat dengan petinggi tim pemenangan. Tidak ada itikad baik dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) salah satu alasan utama.

"Karena kita lihat tidak ada itikad untuk menyelesaikan masalah-masalah," kata Wakil Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Hatta, Fadli Zon di Rumah Polonia, Jakarta, Selasa (22/7/2014).

Fadli mengatakan, pihaknya sejak awal sudah mengajukan berbagai keberatan dan aduan terkait banyaknya dugaan kecurangan dan kejanggalan yang terjadi di daerah. Tapi KPU seakan abai rekomendasi Bawaslu.

"Masalah-masalah yang kita ajukan baik ke Bawaslu, DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu) atau instansi lainnya tidak digubris. Itu alasannya," tandas Fadli Zon.

KPU menjadwalkan mengumumkan hasil rekapitulasi Pilpres 2014 malam ini sekitar pukul 20.00 WIB, atau molor 4 jam dari jadwal yang ditentukan sebelumnya. Namun siang ini, capres nomor urut 1 Prabowo Subianto walk out dari rapat pleno hasil rekapitulasi Pilpres 2014.

Dalam pernyataan sikapnya, Prabowo juga menyatakan mundur sebagai capres karena merasa Pilpres 2014 tidak berjalan demokratis. Kendati demikian, Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra itu meminta semua pendukung dan relawannya tetap tenang dan tidak memicu kekerasan.

"Di atas landasan konstitusi di atas landasan hukum, di atas asas tidak menggunakan kekerasan apapun," ujar Prabowo di Rumah Polonia, Jakarta Timur, yang menjadi markas Koalisi Merah Putih itu, Selasa siang. (Yus)

Baca juga:

Prabowo Mundur dari Proses Pilpres

Prabowo: Kami Menolak Pelaksanaan Pilpres 2014

Tolak Pilpres, Prabowo Minta Pendukung Tenang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.