Sukses

Aksi Walk Out Saksi Prabowo-Hatta di KPU

Namun aksi walk out 2 saksi dari kubu Prabowo-Hatta tidak mempengaruhi sidang pleno rekapitulasi suara nasional di KPU.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga saat ini sudah menyelesaikan penghitungan suara Pemilihan Presiden (Pilpres) pada 32 provinsi yang ada di Indonesia. 

Seperti ditayangkan Liputan 6 Petang SCTV, Selasa (22/7/14), dengan penghitungan ini bisa dipastikan bahwa pasangan nomor urut 2 Joko Widodo-Jusuf Kalla memenangkan Pilpres 2014 sehingga saksi pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa memilih walk out saat pembacaan hasil sementara. 

Aksi walk out 2 saksi dari kubu Prabowo-Hatta, yaitu Rambey Kabaruzaman dan Habiburrahman tidak mempengaruhi sidang pleno rekapitulasi suara nasional di KPU yang saat ini telah sampai pada provinsi ke-32 yakni Papua. 

Proses rekapitulasi suara manual dalam sidang pleno terbuka di KPU masih berlangsung. Pasangan Prabowo-Hatta di Provinsi Papua sebanyak 769.132 suara atau 27,51%. Sedangkan pasangan Jokowi-JK unggul dengan memperoleh 2.026.735 suara atau 72,49%. 

Mosi tidak percaya yang dilakukan oleh saksi Prabowo-Hatta diwujudkan juga dengan aksi frontal sebelum walk out, keduanya membacakan pidato tertulis Prabowo yang persis sama dengan pidato yang disampaikan oleh Prabowo di depan pendukungnya. 

Dengan dibahasnya provinsi ke-32 ini, pasangan Jokowi-JK sudah unggul dengan perolehan suara 5% lebih banyak dibanding Prabowo-Hatta. Pengumuman yang harusnya dilakukan oleh KPU pada pukul 16.00 WIB akan diundur karena belum semua provinsi selesai. Kita semua akan menantikan sejarah baru bagi bangsa Indonesia mendapatkan pemimpinnya 5 tahun ke depan.

Baca juga:

Penetapan Hasil Pilpres di KPU, Polisi Pastikan Situasi Aman 
Jelang Penetapan Suara Pemilu oleh KPU, Rumah Jokowi Sunyi Sepi
Pasca-Pengumuman KPU Bakal Rusuh? Kapolda Metro: Jangan Takut

(Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.