Sukses

Saksi Prabowo-Hatta Walk Out, Rapat Rekapitulasi Tetap Lanjut

Hingga siang ini, KPU sudah mengesahkan hasil rekapitulasi suara 30 provinsi.

Liputan6.com, Jakarta - Saksi dari kubu capres dan cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa walk out atau meninggalkan ruang sidang rapat pleno terbuka rekapitulasi suara Pilpres 2014. Mereka menarik diri dari proses Pilpres 2014.

Meski rapat pleno rekapitulasi hanya diikuti saksi dari kubu Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK), KPU tetap melanjutkan rekapitulasi tingkat nasional tersebut. Agar rekapitulasi selesai sesuai jadwal yang sudah diatur undang-undang.

"Tanpa mengurangi rasa hormat, kita berikan applause untuk saksi pasangan nomor urut 1. Rapat pleno rekapitulasi kita lanjutkan," kata Ketua KPU Husni Kamil Manik di ruang sidang utama KPU, Jakarta, Selasa (22/7/2014).

Pernyataan Husni tersebut tidak mendapat penolakan, baik dari pihak saksi nomor urut 2 maupun Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Hingga siang ini, KPU sudah mengesahkan hasil rekapitulasi suara 30 provinsi. Sehingga, KPU masih akan mengesakan 3 provinsi lagi, yakni Jawa Timur, Papua dan Sumatera Utara.

KPU akan mengumumkan hasil rekapitulasi Pilpres 2014 sore nanti sekitar pukul 16.00 WIB. Namun siang ini, capres nomor urut 1 Prabowo Subinto secara resmi menyatakan walk out dari rapat pleno hasil rekapitulasi dan menarik diri dari proses Pilpres 2014.

Baca juga:

Prabowo Mundur dari Proses Pilpres

Prabowo: Kami Menolak Pelaksanaan Pilpres 2014

Tolak Pilpres, Prabowo Minta Pendukung Tenang

(Sss)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini