Sukses

Survei LSI: 93% Publik Minta Pasangan Capres yang Kalah Legowo

Sementara, yang meminta pasangan capres menggugat ke Mahkamah Konsitutusi (MK) hanya sebesar 4,5%.

Liputan6.com, Jakarta - Pengumuman hasil rekapitulasi suara Pilpres 2014 saat ini masih berlangsung di Komisi Pemilihan Umum (KPU). Suara kedua pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) masih saling mengejar.

Berdasarkan hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) menyebutkan, 93% responden meminta kedua capres yang kalah dalam Pilpres harus legowo dan mengucapkan selamat kepada pasangan capres terpilih.

"Harapan mayoritas publik agar capres menerima kekalahan dilandasi oleh kekhawatiran mereka, terhadap kondisi politik pasca-Pilpres," kata peneliti LSI Rully Akbar di Kantor LSI, Rawamangun, Jakarta Timur, Senin (20/7/2014).

Sementara, kata Rully, yang meminta pasangan capres menggugat ke Mahkamah Konsitutusi (MK) hanya sebesar 4,5%. "Artinya, di sini mayoritas publik sudah lelah mengikuti perkembanngan politik tahun ini," katanya.

Survei yang dilakukan selama 18-19 Juli 2014 ini dengan cara mewawancarai 1.200 responden menggunakan smartphone, yang telah terinstall program LSI Poll. Untuk pengumumpulan datanya survei ini menggunakan multistage random sampling atau sistem sampel berjenjang. (Mut)

Baca juga:

Bawaslu: Rekapitulasi Suara Pilpres Jangan Tersandera 1 Kasus

Advokat Prabowo-Hatta Ngotot Minta Pengumuman Pilpres Diundur

Dilaporkan Tim Prabowo-Hatta ke Polisi, KPU: Itu Bukan Ancaman

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.