Sukses

Anas Sudah Tahu Pemenang Pilpres 2014?

"Saya saja yang di dalam sudah tahu (pemenangnya), masa sampeyan yang di luar tidak tahu," kata Anas.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum mengaku sudah mengetahui siapa pemenang Pemilu Presiden (Pilpres) 2014. Hal itu dikatakan Anas usai menjalani pemeriksaan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Saya saja yang di dalam sudah tahu (pemenangnya), masa sampeyan yang di luar tidak tahu," kata Anas di Gedung KPK, Jakarta, Jumat (18/7/2014).

Anas menjawab demikian saat ditanya seputar Pilpres lantaran dia pernah menjabat Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU). Namun begitu, Anas enggan memberi tahu siapa pemenangnya.

"Ya tapi kalau hasil resminya tunggu KPU. Tapi masa sampeyan tidak tahu?," kata Anas malah balik bertanya.

Anas sebelum menjadi bagian dari Partai Demokrat sempat duduk sebagai komisioner KPU periode 2001-2005. Jadi Anas tampaknya paham betul soal proses pemilihan presiden yang sekarang sedang berlangsung. Termasuk, potensi kecurangan yang biasanya muncul.

"Kalau rekapitulasi terakhir di KPU itu kan hanya rekapitulasi dari hasil di provinsi. rekap manual berjenjang dari TPS ke PPS, ke PPK, KPU kabupaten kota, KPU provinsi. Nah yang direkap di KPU Pusat itu hasil rekap hasil rekap di tingkat provinsi. Jadi kalau di tingkat pusat itu tidak bisa maen curang," jelas Anas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini