Sukses

KPU Minta Publik Turut Pantau dan Sabar Tunggu Hasil Pilpres

KPU juga meminta agar masyarakat turut mengawasi proses rekapitulasi yang dilakukan di setiap tingkatan.

Liputan6.com, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) meminta masyarakat bersabar menunggu hasil real count atau hitung sebenarnya Pilpres 2014. Lembaga penyelenggara Pemilu itu pun tak ambil pusing pandangan publik atau lembaga survei yang tidak percaya hasil real count KPU.

"Ya saya sebenarnya tak mau menanggapi itu, yang pasti bahwa percayakan kapada institusi resmi yang nanti akan melakukan rekap secara berjenjang dan penetapan secara nasional. Jadi kita berharap masyarakat sabar, dan kawal," kata Komisioner KPU Ferry Kurnia Rizkiyansyah di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (16/7/2014).

Mantan Ketua KPU Jawa Barat ini meminta agar masyarakat turut mengawasi proses rekapitulasi yang dilakukan di setiap tingkatan.

"Ya kalau misalnya memang dianggap ini (curang) ya kawal dan pelototin dari mulai tingkat PPS (desa atau kelurahan), PPK (kecamatan), kabupaten atau kota, provinsi, sampai nasional harus dikawal betul," tegasnya.

Dengan demikian, kata Ferry, proses rekapitulasi akan berlangsung secara jujur dan adil. "Jadi masyarakat tahu langsung dan terlibat dalam prosesnya," tandas Ferry.

Hingga saat ini proses rekapitulasi suara sedang dilakukan di tingkat KPU kabupaten atau kota, dan akan dilanjutkan di tingkat provinsi pada 18-19 Juli mendatang. Kemudian KPU akan merekapitulasi secara nasional pada 20-22 Juli.

KPU akan mengungumumkan hasil rekapitulasi suara Pilpres 2014 pada 22 Juli mendatang. Ini menjadi titik penentuan kalah menangnya dua pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK). (Mut)

Baca juga:

Hitung Suara Pilpres, KPU Jaktim Tidak Temukan Kendala

KPU DKI Gelar Penghitungan Suara Pilpres Tingkat Kota

2 TPS di Tangerang Gelar Pemilihan Ulang

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.