Sukses

Ini Hasil Scan C1 di TPS Ketapang Barat, Tempat Suara Jokowi Nol

Tidak ada 1 suara pun untuk duet Jokowi-JK di 17 TPS yang terletak di Kelurahan Ketapang Barat, Sampang, Jawa Timur.

Liputan6.com, Jakarta - Tim Pemenangan Jokowi-JK menerima laporan bahwa pasangan nomor urut 2 tidak mendapatkan 1 suara pun di sejumlah TPS di Sampang dan Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Padahal, lokasi TPS tersebut adalah basis Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan organisasi massa Banshor yang merupakan pendukung Jokowi-JK.

Dari hasil scan formulir C1 yang diperoleh Liputan6.com dari KPU, setidaknya ada 17 TPS yang terletak di Kelurahan Ketapang Barat, Sampang, Jawa Timur, yang seluruhnya dimenangkan pasangan Prabowo-Hatta. Tidak ada 1 suara pun untuk duet Jokowi-JK.



Komisioner KPU Hadar Nafis Gumay mengaku masih memproses temuan tersebut. "Mengenai kasus yang ditemukan di beberapa TPS di Ketapang Barat, Ketapang, Sampang, kami masih mencari informasi tentang itu. Mudah-mudahan itu kekeliruan. Tapi kalau itu memang satu proses keliru dari penyelenggara di tempat tentu kami akan mengkaji dan meminta catatan dari pengawas Pemilu," ujar Hadar di kantornya, Jakarta, Senin (14/7/2014).

Menurut Hadar, pihaknya sudah berusaha mengontak petugas PPS setempat mengenai hasil perolehan suara tersebut. Namun, belum ada jawaban hingga kini.

Sampang dalam perjalanan Pemilu, ungkapnya, kerap bermasalah. Bila memang data tersebut sesuai dengan form C1 dan lampiran, Hadar menduga kuat memang terjadi kekeliruan di tingkat PPS.

"Memang di sana kalau itu betul apa adanya laporan melalui C1 dan lampiran, perkiraan kami ada penyelenggara pemilu yang keliru di sana (yaitu) prosesnya. Oleh karena itu mohon bersabar sedikit lagi, nanti kami akan kabarkan apa yang sesungguhnya di sana," tukas Hadar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini