Sukses

Romahurmuziy: Koalisi Merah Putih di Parlemen akan Diformalkan

Kesepakatan akan ditandatangani langsung masing-masing ketua umum parpol dan direncanakan dilakukan di Tugu Proklamasi pukul 15.30 WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) M Romahurmuziy mengatakan, Koalisi Merah Putih partai pendukung pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto dan Hatta Rajasa (Prabowo-Hatta) di parlemen akan diformalkan.

"Menyusul disahkannya UU MD3 (MPR, DPR, DPD dan DPRD) pada 8 Juli pekan lalu, Koalisi Merah Putih (KMP) besok, 14 Juli, akan memformalisasi kesepakatan koalisi di parlemen dengan menandatangani kesepakatan kerja sama 6 partai politik parlemen yang beranggotakan 353 kursi (63 persen) kursi parlemen 2014-2019," kata Romahurmuziy dalam keterangan tertulisnya, Minggu 13 Juli 2014.

Ia mengungkapkan, kesepakatan akan ditandatangani langsung oleh masing-masing ketua umum parpol dan direncanakan dilakukan di Tugu Proklamasi pukul 15.30 WIB.

Dalam kesepakatan tersebut diatur hak, kewajiban, pelembagaan, dan mekanisme manajemen koalisi 5 tahun ke depan. "Meskipun perubahan UU MD3 tidak meliputi komposisi pimpinan dewan dan AKD (alat kelengkapan dewan) DPRD provinsi dan kabupaten/kota, tidak tertutup kemungkinan Koalisi Merah Putih akan mengekstensi koalisi sampai tingkatan daerah," katanya.

Ia menambahkan, PPP menegaskan dirinya akan berpartisipasi aktif dalam penandatanganan hari ini sekaligus meneguhkan eksistensi permanen Koalisi Merah Putih.

"Penandatanganan ini sekaligus sinyal bahwa berdasarkan gelombang data yang masuk ke dalam server quick real count di pusat tabulasi nasional Koalisi Merah Putih, bahwa pemenang Pilpres 2014 adalah pasangan Prabowo-Hatta. Karenanya, sinyaleman yang dilontarkan sejumlah pihak akan adanya perubahan peta koalisi adalah tidak berdasar," katanya. (Ant/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.