Sukses

Ada Pusat Tabulasi Suara Pilpres di Cikeas?

Liputan6.com, Jakarta - Dua kandidat Pilpres 2014 saling mengklaim kemenangan berdasarkan hasil hitung cepat atau quick count. Di tengah panasnya suasana pascapemungutan suara 9 Juli lalu, beredar kabar adanya tabulasi suara Pilpres 2014 di Cikeas yang dilakukan tim bentukan Presiden SBY.

Namun, isu tersebut dibantah tegas pihak Istana. Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha menyatakan Tabulasi Cikeas Center tidak pernah ada.

"Kami menegaskan bahwa tidak pernah ada tabulasi perhitungan suara di Cikeas atau Tabulasi Cikeas Center," ungkap Julian saat dikonfrimasi Liputan6.com di Jakarta, Minggu (13/7/2014).

Yang ada di Cikeas, jelasnya, adalah fasilitas Video Conference agar Presiden SBY bisa berkomunikasi dengan jajaran pimpinan TNI baik di pusat maupun di daerah. Video Conference itu bertujuan untuk mengetahui situasi di lapangan.

"Tidak ada hubungan dengan perhitungan suara yang dilakukan KPU. Oleh karena itu, Presiden mengajak masyarakat agar tenang dalam mengikuti dan menerima hasil tabulasi suara yang sedang dilakukan KPU," bebernya.

Julian pun mengimbau masyarakat agar tidak terprovokasi oleh kabar yang tidak jelas dan tak bertanggungjawab seperti dengan menyebutkan adanya tabulasi suara di Cikeas. Sebab, 2 pasang kandidat Pilpres 2014 sudah melihat langsung tempat video conference di Cikeas itu bukanlah Tabulasi Cikeas Center.

"Kedua pasangan Capres dan Cawapres saat diterima Presiden di Cikeas tanggal 9 Juli lalu juga telah melihat langsung video conference dimaksud," tukas Julian.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini