Sukses

Jokowi: Hasil Pilpres Sudah Jelas, Sabar Tunggu 22 Juli

Jokowi mengatakan, tujuan utama kehadirannya ke Saung Angklung Mang Udjo adalah untuk memberikan rasa terima kasih sebesar-besarnya.

Liputan6.com, Bandung - Calon presiden Joko Widodo atau Jokowi menghadiri temu relawan dan masyarakat di Saung Angklung Mang Udjo, Bandung, Jawa Barat. Pada kesempatan tersebut, Jokowi meminta agar publik bersabar meski hasil Pilpres 2014 jelas-jelas diketahui.

"Hasilnya untuk seluruh Indonesia tentu sudah ketahui, tapi kita sabar sedikit. Sebetulnya hasilnya sudah ada, sudah jelas tapi sabar sedikit. Semua harus sabar tanggal 22 Juli. Nanti 22 Juli pengumuman resmi," kata Jokowi di Bandung, Sabtu (12/7/2014).

Ia mengatakan, tujuan utama kehadirannya ke Saung Angklung Mang Udjo adalah untuk memberikan rasa terima kasih sebesar-besarnya atas dukungan pada Pilpres 9 Juli lalu. "Dari hati sanubari terdalam saya ucapkan yang sebesar-besarnya atas tenaga, pikirin, moril dan materiil, kami tak bisa balas apa-apa kecuali ucapan terima kasih sebesar-besarnya," kata Jokowi.

Anak dari Mang Udjo, Kang Taufik Hidayat Udjo ingat betul Jokowi menyemangatinya agar angklung dikenalkan di dunia internasional. Hal itu pun dilakukan, dan angklung pernah dimainkan oleh para orang asing.

Taufik juga tak menyia-nyiakan kesempatan. Ia meminta pada Jokowi agar angklung dapat menjadi salah satu mata pelajaran resmi.

"Supaya tidak cuma sekadar di mulut saja, tapi benar-benar ada implementasinya. Dan itu artinya Indonesia mengakui angklung sebagai heritage-nya," kata Taufik.

Turut hadir beberapa tokoh yang menyambut Jokowi, antara lain pengusaha Medco Arifin Panigoro dan sesepuh Jawa Barat Solihin J.P.

Sebelum Jokowi meninggalkan lokasi, mantan Walikota Solo itu mendapatkan cenderamata berupa ikat kepala budaya Sunda dan satu set angklung. (Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini