Sukses

4 Kesepakatan Koalisi Relawan Jokowi-JK dengan KPU

Para migran di Hong Kong yang belum mengikuti pencoblosan, akan diberi kesempatan mencoblos.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah mengepung kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) selama berjam-jam dan sempat menerobos masuk ke ruang rapat utama ketika berlangsung konferensi pers para komisioner, Koalisi Relawan Jokowi-JK akhirnya diterima oleh KPU.

Utusan relawan yang berjumlah 7 orang diterima Kepala Biro Teknis KPU Joyo Wardono di kantor KPU Jakarta, Kamis (10/7/2014). Utusan relawan yang terdiri dari Muchtar Pakpahan perwakilan dari SBSI, Yopi Lasut dari Getar, Ammarsyah dari Forum Alumni, Yanes Yosua Frans dari WLJ, Bambang Wasis dari Bejo, Lius dari Seknas dan Sihol Manullang dari Bara JP akhirnya berhasil membuat kesepakatan dengan KPU.

Berikut kesepakatan KPU dengan Koalisi Relawan dari keterangan tertulis yang diterima Liputan6, Jumat (11/7/2014):


1. KPU akan segera mengumumkan lembaga survei yang telah memperoleh akreditasi dari KPU.
2. KPU akan bersikap netral dan tidak memihak salah satu capres.
3. KPU setuju, relawan dapat menghadiri semua proses penghitungan, mulai dari tingkat PPK hingga di KPU (pusat).
4. Para migran di Hong Kong yang belum mengikuti pencoblosan, akan diberi kesempatan mencoblos.

Aksi pengepungan kantor KPU dipicu oleh hasil hitung cepat (quick count) perolehan suara pemilu presiden 9 Juli 2014 yang berbeda di antara beberapa lembaga survei.  

Dari 12 lembaga survei yang menyelenggarakan quick count, 8 lembaga survei menyatakan pasangan capres dan cawapres Joko Widodo-Jusuf Kalla menang dalam pilpres. Ke delapan lembaga tersebut yakni CSIS Cyrus Network, Litbang Kompas, RRI, SMRC, LSI, Indikator Politik Indonesia, Populi Center, dan Poll Tracking.

Sedangkan 4 lembaga survei lainnya menyatakan pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa unggul. Hasil quick count 4 lembaga ini ditayangkan oleh TVONE, RCTI, MNC dan Global TV. Keempat lembaga survei itu yakni Puskaptis, IRC, JSI dan LSN. (Ein)

Baca Juga:

Profil Lembaga Survei Pembuat Quick Count Pilpres 2014 (I)

Profil Lembaga Survei Pembuat Quick Count Pilpres 2014 (II)

Raih 84,37 Persen, Suara Jokowi-JK di Solo Diklaim Lampaui Target

Rekapitulasi Suara, SBY Larang Konvoi Pendukung Capres

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.