Sukses

Rilis Real Count, Kubu Prabowo-Hatta Klaim Unggul

Anggota tim pemenangan Prabowo-Hatta, Taufik Ridho mengatakan real count ini berdasarkan data formulir C1.

Liputan6.com, Jakarta - Tim pemenangan pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa melakukan real count pada Pilpres 2014 di seluruh Indonesia. Dalam hitungan tersebut, Prabowo-Hatta unggul tipis dengan perolehan 42.874.556 suara, sedangkan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) mendapatkan 40.100.509 suara.

Anggota tim pemenangan Prabowo-Hatta, Taufik Ridho mengatakan real count ini berdasarkan data formulir C1 yang diperoleh dari setiap saksi Prabowo-Hatta, yang berada di seluruh provinsi di Indonesia.

"Real count ini berdasarkan pada saksi yang kami miliki di TPS-TPS, jadi basisnya adalah basis C1, yang kami himpun sampai saat ini," kata Taufik saat memaparkan real count di Rumah Polonia, Jakarta Timur, Kamis (10/7/2014).

Taufik mengatakan, hingga kini total jumlah suara yang telah masuk ke pusat data tabulasi sekitar 82,975,065 suara atau sekitar 60%. Angka-angka tersebut terus bergerak setiap 10 menit, sehingga pihaknya terus melakukan pembaruan atau update.

Dengan data tersebut, Taufik mengklaim, pasangan Prabowo-Hatta mengalahkan pasangan Jokowi-JK pada Pilpres kali ini. Namun bukan berarti pihaknya mengklaim Prabowo-Hatta akan menang mutlak, sebab masih menunggu rekapitulasi resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"60 Persen itu sudah mewakili trend, biasanya ya. Kecuali ada daerah-daerah yang signifikan, kami tidak mengklaim secara mutlak. Ini sebagai bagai rujukan acuan kita, ini back up nya. Kami perkirakan trend-nya mengarah ke sana (kemenangan)," jelas Taufik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.