Sukses

Sikapi Hasil Quick Count, Adik Prabowo Undang Wartawan Asing

Hasyim kecewa, deklarasi kemenangan dilakukan pasangan Jokowi-JK.

Liputan6.com, Jakarta - Menyikapi hasil hitung cepat Pilpres, Hashim Djojohadikusumo adik Prabowo Subianto, malam ini mengundang wartawan asing terkait hasil perolehan suara sementara pada Pilpres 9 Juli kemarin.

Sepeti ditayangkan Liputan 6 Malam SCTV, Kamis (10/7/2014), menurutnya pernyataan kemenangan Prabowo semata-mata merupakan reaksi mendadak karena calon presiden nomor 2 Jokowi telah lebih dulu menyatakan kemenangannya atas hasil quick count atau hitung cepat.

Pihaknya juga mengatakan tersinggung atas deklarasi Jokowi di Tugu Proklamasi. Kedua calon presiden menyatakan kemenangannya menurut hasil quick count lembaga survei.

Menurut Hashim, deklarasi kemenangan Prabowo-Hatta dilakukan mendadak karena mendengar kubu pasangan nomor 2 telah menyatakan kemenangannya versi quick count. Pihaknya juga mengaku tersinggung pada deklarasi Jokowi Rabu 9 Juli sore.

Pernyataan tersebut disampaikan pada jumpa pers dengan wartawan asing pada pukul 19.00 WIB di Hotel Intercontinental, Jakarta Pusat. Menurutnya ini penting diketahui media asing karena banyak media di Indonesia yang terkait dengan isu kepentingan para pemilik.

Selain itu Hashim juga mengumumkan hasil sementara berdasarkan data yang diperolehnya secara internal yaitu Prabowo sebesar 51% dan Jokowi sebesar 48%.

Sehari setelah pemilihan presiden, kedua pasangan capres dan cawapres masih saling klaim sebagai pemenang. Hal ini mengakibatkan belum adanya komunikasi antar kedua kubu tersebut.

Calon wakil presiden nomor urut 2 Jusuf Kalla menyatakan hingga kini belum ada komunikasi yang terjalin pasca-usainya pemilihan presiden. Aksi saling klaim sebagai pemenang Pilpres memang akhirnya terlihat memperkeruh suasana.

Sementara itu kubu Prabowo-Hatta mengklaim mereka adalah pemenang Pilpres berdasarkan 3 lembaga survei. (Rmn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini