Sukses

Polri Kawal Proses Penghitungan Suara di Setiap Level

Polri akan terus mengawal Pilpres 2014 untuk menghindari kecurangan, pengelembungan suara dan terjadinya konflik.

Liputan6.com, Jakarta Polri akan terus mengawal Pilpres 2014 untuk menghindari kecurangan, pengelembungan suara dan terjadinya konflik. Ratusan aparat gabungan dari unsur TNI/Polri terus disiagakan sejak masa kampanye hingga selesainya pemungutan suara.

Kadiv Humas Irjen Ronny F Sompie mengatakan pemungutan suara, perhitungan suara, dan juga rekap pemungutan suara sedang dilakukan. Hasil penghitungan dari TPS hingga Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK) masih terus dijaga aparat kepolisian di berbagai daerah.

"Rekan-rekan kami seluruh Polri 254 ribu di seluruh Indonesia. Kini masih terus lakukan pengamanan terhadap penyelenggara pemilu dan masyarakat yang melaksanakan Pilpres," ujar dia di Mabes Polri, Kamis (10/7/2014).

Ronny berharap, masing-masing kandidat timses dan massa pendukung pasangan capres-cawapres bersabar hingga penghitungan resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) selesai.

"Kita mendukung upaya KPU di setiap level, di mulai tingkat TPS, PPK, KPUD sampai nanti akan masuk di KPU pusat pada tanggal 20-22 Juli yang akan datang, hinga hasil real count bisa kita dengar bersama dari KPU Pusat apa yang jadi hasil hitungan rekap suara real count KPU Pusat," ungkap dia.

Dia mengatakan, khusus di ibukota Jakarta, aparat polisi masih tetap berada di 40 titik yang dinilai rawan konflik. Setidaknya 400 anggota satuan Brimob dengan bantuan anggota Polda Metro Jaya masih bertahan di TPS-TPS.

"Pengawalan di TPS-TPS, selain dari Polda Metro Jaya pengamanan berlapis di setiap TPS juga oleh anggota TNI," ungkap Ronny. (Sun)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini