Sukses

Apa Permintaan Prabowo ke SBY Soal Jokowi?

Menurut Prabowo, keputusan pemenang dalam Pilpres 2014 ada dalam kewenangan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Liputan6.com, Bogor - Pasangan capres dan cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa menyatakan, deklarasi yang dilakukan pasangan capres nomor 2 Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) bisa menimbulkan persepsi di masyarakat, bahwa mereka benar-benar telah menang. Padahal, keputusan resmi hasil Pilpres 2014 masih menunggu Komisi Pemilihan Umum (KPU) 22 Juli mendatang.

"Kami tidak mau persepsi (itu) terbentuk, bahwa pihak A sudah menang. Padahal belum apa-apa, baru quick count tertentu yang macam-macam. Dan real count yang kami terima menang besar. Di mana yang dibilang calon nomor 2 yang bilang kami kalah," kata Prabowo usai bertamu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Cikeas, Bogor, Kamis (10/7/2014) dini hari.

Prabowo pun mencontohkan pengalaman SBY pada hasil Pilpres 2004-2009, meski berdasarkan quick count dinyatakan menang dengan perbedaan cukup signifikan, namun tidak mendeklarasikan kemenangan.

"Dan kalau kita ingat, flashback, Pak SBY pada 2004-2009 tidak pernah lakukan deklarasi sebelum KPU menetapkan. Padahal bedanya 21%, tapi beliau tidak declare," tandas Prabowo.

Menurut Prabowo, keputusan pemenang dalam Pilpres 2014 ada dalam kewenangan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai penyelenggara Pilpres. "Kita mempersilakan pihak berwenang untuk lakukan verfikasi dengan baik, tanpa intimidasi dan hal negatif. Kita usung proses ini dengan baik," ucapnya.

Menurut Prabowo, bila ada pihak yang melakukan deklarasi kemenangan, padahal belum ada keputusan resmi, khawatir akan membuat kegaduhan. "Itu kurang tepat dan kami sampaikan ke presiden," kata Prabowo.

Maka itu, Prabowo-Hatta meminta SBY agar menertibkan adanya perbedaan paham hasil quick count atau hitung cepat Pilpres 2014. Sebab hal tersebut dikhawatirkan membuat suasana kegaduhan di mayarakat. "Kami taat azas, hukum, aturan main, kami sangat menjunjung tinggi demokrasi."

"Kami punya keyakinan, bahwa kami yang dapat mandat, tapi kami menyerahkan ke institusi yang berwenang yaitu KPU, yang akan menetapkan siapa yang akan jadi pemenang Pilpres, berdasarkan real count yang sudah diverifikasi dan ditetapkan," sambung Prabowo.

Sementara SBY, kata Prabowo, meminta pihaknya supaya bisa menjaga ketenangan dan menghindari konflik horizontal atas kondisi pasca-Pilpres 2014.

"Kami katakan itu komitmen kami. Dan itu yang kami instruksikan ke jajaran kami untuk selalu tenang, sejuk, menahan diri, tidak euforia dan terpancing. Kita harus jaga, dan itu tekad saya dan Koalisi Merah Putih," pungkas Prabowo.

Hingga kini kedua kubu capres mengkalim kemenangannya dalam Pilpres 2014. Kubu Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK sama-sama mengkalim kemenangannya berdasarkan cuick count atau hitung cepat yang dilakukan lembaga survei masing-masing.

Sementara hasil penghitungan suara resmi Pilpres 2014, akan dikeluarkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada 22 Juli 2014.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini