Sukses

Tim Jokowi-JK Klaim 'Sapu Bersih' Suara di Bali

Meski unggul untuk sementara, Koster meminta kepada seluruh kader parpol pengusung, tim dan relawan untuk tetap menunggu hasil resmi

Liputan6.com, Denpasar - Sebanyak 2.942.282 pemilih di Bali telah memberikan suara di masing-masing TPS (tempat pemungutan suara). Meski Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum mengumumkan hasil secara resmi, namun Tim Kampanye Jokowi-JK Provinsi Bali telah merilis hasil penghitungan riil (real count) secara internal untuk Provinsi Bali.

Dari real count tersebut, kubu Jokowi-JK mengklaim sapu bersih kemenangan di seluruh kabupaten/ kota di Bali. "Astungkara, dari hasil real count yang kami lakukan, untuk sementara ini Jokowi-JK meraih kemenangan mutlak di Bali, dengan perolehan suara 70,99 persen atau 685.411 suara dari total 965.531 suara sah yang masuk," papar Ketua Tim Kampanye Jokowi-JK Provinsi Bali Wayan Koster, dalam press conference di Kantor DPD PDIP Bali, Rabu (9/7/2014).

Koster tak menampik angka ini masih bergerak hingga seluruh suara sah masuk tabulasi suara. "Tetapi kami perkirakan, angka ini bertahan. Ini sangat luar biasa karena capaian ini ternyata melebihi target kami minimum 70 persen suara di Bali," ujar Koster, yang didampingi Sekretaris Tim Kampanye Jokowi-JK Provinsi Bali IB Oka Gunastawa, bersama jajaran tim dan relawan pendukung Jokowi-JK.

Total hampir 71 persen keunggulan Jokowi-JK di Provinsi Bali ini, merupakan akumulasi kemenangan yang diraih di seluruh kabupaten/ kota. "Ini sangat menggembirakan, karena ternyata kami menyapu bersih kemenangan di Bali, termasuk di Kabupaten Karangasem dan Klungkung yang sejak awal kami prediksi cukup berat," tutur politisi PDIP asal Buleleng itu.

Koster kemudian merinci keunggulan Jokowi-JK di Bali sesuai dengan real count hingga Pukul 17.48 Wita. Untuk Kabupaten Klungkung, Jokowi-JK unggul dengan raihan 66,11 persen suara dan Karangasem menang dengan angka meyakinkan 72,10 persen. Adapun di Denpasar, Jokowi-JK unggul dengn perolehan 75,66 persen dan Badung unggul dengan 70 persen suara.

Selanjutnya untuk Kabupaten Tabanan, Jokowi-JK meraih 72,37 persen, Jembrana 65,73 persen, Buleleng 73,43 persen, Bangli 74,24 persen dan di Gianyar Jokowi-JK unggul dengan perolehan 78,21 persen. "Kemenangan terbesar Jokowi-JK di Bali adalah di Kabupaten Gianyar, dengan catatan 78,21 persen suara," jelas Koster.

Terkait hasil maksimal ini, Koster secara khusus menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh masyarakat Bali yang sudah datang ke TPS dan memberikan mandat kepada Jokowi-JK sebagai presiden dan wakil presiden. "Terima kasih juga kepada penyelenggara yang sejauh ini kami amati bekerja dengan baik sesuai aturan yang ada," ucapnya.

Meski unggul untuk sementara, Koster meminta kepada seluruh kader parpol pengusung, tim dan relawan untuk tetap menunggu hasil resmi yang diumumkan oleh KPU. "Jangan dulu pesta. Mari secara bersama-sama mengawal proses penghitungan suara dan rekapitulasi di Bali ini," tegas Koster.

Usai menggelar press conference, Koster bersama tim dan relawan pendukung Jokowi-JK 'merayakan' kemenangan Jokowi-JK dengan bernyanyi bersama. "Kita sudah menang total. Hidup revolusi mental! Salam dua jari. Jokowi Presiden RI," demikian penggalan syair lagu yang dinyanyikan dan bergema di Kantor DPD PDIP Provinsi Bali.

Lalu, bagaimana dengan kubu Prabowo-Hatta? Dalam keterangan pers kepada wartawan secara terpisah di Kantor DPD Partai Golkar Provinsi Bali, Ketua Tim Kampanye Prabowo-Hatta Provinsi Bali Ketut Sudikerta, enggan berkomentar soal perolehan suara Prabowo-Hatta di Bali. Pihaknya lebih cenderung memegang hasil quick count yang dilakukan sejumlah lembaga survei dan menempatkan Prabowo-Hatta unggul.

"Soal berapa suara Prabowo-Hatta di Bali, kami tidak ekspos. Kami tidak mau, hal itu justru mengganggu. Sebab dari quick count beberapa lembaga, Prabowo-Hatta unggul secara nasional," ujar Sudikerta. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.