Sukses

Exit Poll: Jokowi-JK Menang di Singapura, Mesir, Hong Kong

Metode yang digunakan dalam exit poll ini adalah menunggu di titik luar pencoblosan dan menanyakan para pemilih soal pilihannya.

Liputan6.com, Jakarta - Pemungutan suara Pilpres 2014 telah digelar di luar negeri. Pasangan capres-cawapres Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) dinyatakan unggul di Singapura, Mesir, Thailand, dan Hong Kong dari pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa berdasarkan exit poll di situs 2minggujadi.com.

Admin 2minggujadi.com, Ainun Najib mengatakan, dari data yang dihasikan exit poll ini, Jokowi-JK berhasil mendapatkan 83,17% atau 2.348 suara. Sedangkan Prabowo-Hatta memperoleh 16,83% persen atau sebanyak 475 suara. Dan 231 orang merahasiakan pilihannya.

"Data di Singapura ini diambil dari 3.055 orang yang bersedia memberitahukan pilihannya. Total pemilih di tempat ini mencapai 22.330 orang," kata Ainun yang melakukan teleconference langsung dari Singapura di Posko Pemenangan JKW4P, Menteng, Jakarta, Senin (7/7/2014).

Metode yang digunakan dalam exit poll ini adalah menunggu di titik luar pencoblosan dan menanyakan para pemilih soal pilihannya. Dia menerangkan, data ini diambil hingga Minggu 6 Juli waktu setempat di TPS-LN, KBRI Singapura.

"Kami menyiapkan sebuah website. Kemudian relawan cukup membawa gadget mereka dan menanyakan kepada pemilih. Di sana (website) itu ada pilihan Jokowi-JK, Prabowo-Hatta, dan Rahasia. Kemudian nanti pemilih akan memilihnya. Layar gadget ini kami arahkan kepada mereka, sehingga kami tidak melihat pilihan mereka," kata Ainun.

Selain Singapura, exit poll 2minggujadi.com juga mencatat hasil pemilihan di sejumlah negara. Seperti di KBRI Thailand, di mana Jokowi-JK unggul 79,43% dan Prabowo-Hata mendapatkan 20,57%.

"Data di Thailand ini berdasarkan 144 orang yang bersedia dimintai keterangan dari total 927 pemili," katanya. "Kemudian, Jokowi-JK menang tipis di Mesir yang TPS-nya berbasis PKS."

Ainun menerangkan, di KBRI Kairo (Mesir), exit poll 2minggujadi.com berhasil menjaring 618 orang dari total 3.308 pemilih. Dari data itu, Jokowi-JK mendapatkan 57,02 % sedangkan Prabowo-Hatta 42,98 % dan ada 133 orang merahasiakan pilihannya.

Kemudian di Victoria Park (Hongkong), Jokowi-JK juga unggul dari Prabowo-Hatta. Dari 368 pemilih yang bersedia menjadi sampel, 80,91% memilih Jokowi-JK, kemudian 19,09% memilih Prabowo-Hatta. "Dan sisanya 16 orang merahasiakan pilihannya. Total, di tempat ini ada 23.863 pemilih," kata Ainun.

Di KJRI Houston, Amerika Serikat, dari 533 orang yang mau bersedia memberi tahu pilihannya. 408 orang memilih Jokowi-JK dan 36 orang memilih Prabowo-Hatta, sedangkan 88 orang lainnya merahasiakan pilihanya. "Total ada 747 orang yang menyalurkan hak politiknya di KJRI Houston ini," tandas Ainun.

Baca juga:

Garuda Merah dan Kotak-kotak Dilarang Dipakai Saksi Pada 9 Juli

Jumlah WNI Nyoblos Pilpres di Austria Lebih Banyak dari Pileg

WNI di Tokyo Lebih Banyak Coblos Pilpres Lewat Pos

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.