Sukses

Ingin Khusyuk Beribadah, Jokowi Menolak Menginap di Hotel

Kedua hotel itu hanya disinggahi Jokowi untuk beristirahat sejenak dan mengganti pakaian ihram sebelum melakukan umrah.

Liputan6.com, Jakarta - Masa tenang kampanye Pilpres 2014 ingin dimanfaatkan capres nomor urut 2 Joko Widodo (Jokowi) untuk beribadah. Menjalankan ibadah umrah di Tanah Suci, Jokowi bahkan menolak untuk menginap di hotel yang sudah disediakan.

"Tidak ada menginap. Pak Jokowi ingin fokus ibadah," kata Kepala Rombongan Usamah Hisyam Yahya melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Senin (7/7/2014).

Selama di Arab Saudi, Jokowi beserta rombongan sempat singgah di 2 hotel berbeda. JW Marriot Hotel di Jeddah dan Hotel Dar al Tauwid di Mekah. Tapi, kedua hotel itu hanya disinggahi Jokowi untuk beristirahat sejenak dan mengganti pakaian ihram.

Jokowi juga menolak untuk menanggapi permintaan wawancara dari wartawan dengan alasan ingin khusyuk beribadah selama di Tanah Suci.

"Pak Jokowi sempat bilang, di Minggu ini tidak ada wawancara dan tanya jawab. Saya rasa Pak Jokowi ingin khusyuk beribadah selama di Mekah," lanjutnya.

Setibanya di Mekah, Jokowi dan rombongan langsung melakukan ibadah umrah. Mulai dari tawaf sampai sa'i dilakukan tanpa jeda. "Karena waktunya singkat ibadah memang dilakukan secara maraton. Tapi, Pak Jokowi tampak tidak lelah," jelas Usamah.

Selain Jokowi dan keluarganya, tampak juga dalam rombongan antara lain mantan Ketua PBNU KH Hasyim Muzadi, politisi Partai Nasdem Akbar Faisal, Ketua Fraksi PKB Marwan Jafar, Ahmad Basarah, dan Iwan Piliang. Rencananya, rombongan kecil ini akan kembali ke Tanah Air pada Selasa 8 Juli besok. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.