Sukses

Di Mekah, Jokowi Tetap Dicari

Puluhan WNI sudah mengantre untuk sekadar bersalaman dan berfoto saat Jokowi dan rombongan menuju ke bus yang mengantarnya ke Mekah.

Liputan6.com, Jakarta - Capres nomor urut 2 Joko Widodo (Jokowi) tengah berada di Mekah, Arab Saudi, menunaikan ibadah umrah. Tidak sendirian, Gubenur nonaktif DKI Jakarta itu juga mengajak istri dan 2 anaknya serta sejumlah kolega.

Jokowi tiba di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi sekitar pukul 21.00 waktu setempat. Setelah istirahat sejenak, Jokowi beserta istrinya Iriana Joko Widodo dan kedua anaknya Gibran Rakabuming Raka dan Kahiyang Ayu langsung mengenakan pakaian ihram.

Kegiatan ibadah salat magrib, isya, dan tarawih langsung dilakukan Jokowi dan rombongan di JW Marriot Hotel, Jeddah. Usai beribadah, Jokowi langsung menuju Mekah untuk memulai ibadah umrah.

Magnet Jokowi di Tanah Suci rupanya tidak sirna. Sambutan hangat dari WNI di Mekah sangat terasa. Puluhan WNI sudah mengantre untuk sekadar bersalaman dan berfoto saat Jokowi dan rombongan menuju bus yang akan mengantarnya ke Mekah.

Perjalanan menuju Mekah ditempuh dalam waktu 1 jam. Jokowi beserta rombongan langsung menuju Hotel Dar Al Tauwid yang lokasinya tepat di depan Masjidil Haram.

Tak disangka, puluhan pemuda sudah menunggu kedatangan Jokowi. Mereka pun langsung berebut untuk bersalaman, berfoto atau sekadar saling menanyakan kabar.

Jokowi dan keluarganya tampak sabar melayani antusiasme WNI terhadap dirinya di Tanah Suci. Tanpa istirahat, ibadah umrah langsung dilaksanakan.

Ibadah dipimpin oleh Faisal Muhammad. Selain Jokowi dan keluarganya, tampak juga dalam rombongan antara lain mantan Ketua PBNU KH Hasyim Muzadi, politisi Partai Nasdem Akbar Faisal, Ketua Fraksi PKB Marwan Jafar, Ahmad Basarah, dan Iwan Piliang.

"Ibadah umrah langsung dilaksanakan. Tidak menunggu istirahat lagi," kata Kepala Rombongan Usamah Hisyam Yahya melalui keterangan tertulis yang diterima Liputan6.com, Senin (7/7/2014).

Serangkaian ibadah, mulai tawaf, sa'i atau lari kecil dari bukit Safa ke Marwa dilakukan tanpa jeda. "Karena waktunya singkat, ibadah memang dilakukan secara maraton. Tapi, Pak Jokowi tampak tidak lelah," lanjutnya.

Antusiasme tak hanya ditunjukan WNI di Mekah, beberapa warga negara asing yang mengenal sosok mantan Walikota Solo ini juga tampak menyalami. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini