Sukses

Prabowo: Saya Tidak Bilang di Pihak Saya Tidak Ada Maling

"Kita sama-sama tahu, ada praktik jual beli suara. Roh demokrasi tercoreng oleh macam-macam."

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan capres Prabowo-Hatta dan pasangan capres Jokowi-JK beradu visi misi dalam debat yang digelar di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan. Debat kali ini mengusung tema 'Pangan, Energi, dan Lingkungan' dipandu moderator Rektor Universitas Diponegoro, Sudharto P Hadi.

Dalam debat ini, cawapres Jusuf Kalla (JK) mempertanyakan pernyataan capres Prabowo yang menyebut, ada pihak yang akan merusak demokrasi Indonesia: maling. JK pun menegaskan tak ada maling-maling yang berada di pihaknya (koalisi) yang akan merusak demokrasi RI.

"Lantas kepada siapa pidato Bapak ditujukan?" tanya JK dalam debat capres, Sabtu (5/7/2014).

Prabowo menjawab, yang dimaksud dalam pidato itu ialah proses demokrasi yang baik. Menurutnya, semua orang tahu proses demokrasi RI kerap tercoreng oleh ulah sejumlah pihak yang ingin merusaknya.

"Kita sama-sama tahu, ada praktik jual beli suara. Roh demokrasi tercoreng oleh macam-macam. Bisa dari partai saya. Saya tidak bilang di pihak saya tidak ada maling. Ini fenomena bangsa semua. Maksud saya, rakyat harus menjaga demokrasi. Mereka jangan ikut larut dalam permainan yang kita ketahui bersama selalu terjadi di lapangan," jelas Prabowo.

KPU menetapkan Rektor Universitas Diponegoro Sudharto P Hadi untuk menjadi moderator debat terakhir ini. Ajang ini akan menjadi debat terakhir sekaligus menutup masa kampanye pilpres. Mulai 6 hingga 8 Juli, tahapan Pilpres 2014 akan memasuki masa tenang. Pada masa itu, semua pihak dilarang melakukan kampanye. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.