Sukses

Jokowi: Jangan Cuma Penghargaan, Tapi Juga ...

Gubernur DKI nonaktif itu juga menyebutkan kalau hanya sebatas persoalan piala, itu belum dapat memberikan manfaat yang lebih baik

Liputan6.com, Jakarta - Kedua pasangan kandidat Pilpres 2014 kembali dipertemukan dalam ajang debat capres. Kedua kubu pasangan memaparkan visi misinya terkait 'Pangan, Energi, dan Lingkungan' untuk Indonesia.

Dalam sesi tanya jawab, Cawapres nomor urut 1 Hatta Rajasa memaparkan tentang lingkungan hidup. Menurutnya, salah satu penghargaan tertinggi terkait lingkungan yang bersih dan sehat diwujudkan dengan penghargaan Kalpataru.

Padahal, penghargaan lingkungan untuk kota adalah Adipura. Kalpataru adalah penghargaan yang diberikan kepada perorangan atau kelompok atas jasanya dalam melestarikan lingkungan hidup di Indonesia. 

"Itu salah satu indikatornya. Termasuk upaya kita membangun udara air, dan tanah yang lebih dan baik. Pertanyaannya, seberapa jauh pandangan Pak Jokowi soal ini dan bagaimana mencapai itu?" tanya Hatta dalam debat capres di Hotel Bidakara, Jakarta, Sabtu (5/7/2014).

Jokowi yang mengenakan kemeja kotak-kotak itu pun lantas menjawab. Dia menyatakan penghargaan sangat baik diberikan. Apakah itu kepada seseorang maupun lembaga. Meski begitu, alangkah baiknya jika wujud perhargaan tersebut lebih dari sekadar piala.

"Alangkah baiknya tidak hanya piala. Tapi diberikan intensif sehingga bisa mengembangkan apa yang mereka capai berkembang ke arah yang lebih besar lagi," ucap Jokowi.

Gubernur DKI nonaktif itu juga menyebutkan kalau hanya sebatas persoalan barang, itu belum dapat memberikan manfaat yang lebih baik. Namun beda jika diberikan intensif.

"Kalu intensif akan bekerja giat lagi. Baik bagi warga yang tinggal di aliran sungai, menanami kanan kiri, memperbaiki lingkungan desanya, membangun air di atas sampai di bawah desa," ucap Jokowi.

KPU telah menetapkan Rektor Universitas Diponegoro Sudharto P Hadi untuk menjadi moderator dalam debat terakhir ini. Ajang ini menjadi debat terakhir sekaligus menutup masa kampanye pilpres. Mulai 6 hingga 8 Juli, tahapan Pilpres 2014 akan memasuki masa tenang. Pada masa itu, semua pihak dilarang melakukan kampanye. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini