Sukses

Hadapi Debat, Jokowi Hanya Butuh Buka Puasa yang Kenyang

"Sahur makan banyak, bukanya makan banyak, siangnya tidur banyak," terang Jokowi.

Liputan6.com, Bekasi - Debat Capres jilid V akan digelar di Hotel Bidakara yang terletak di Jakarta Selatan, malam nanti. Tema yang akan didebatkan kedua kandidat adalah 'Pangan, Energi dan Lingkungan'.

Keduanya akan bertarung dalam waktu 2 jam sejak pukul 20.30 hingga 22.30 WIB. Capres dengan nomor urut 2, Joko Widodo atau Jokowi mengaku tak begitu mempersoalkan perihal tema debat Sabtu malam ini. Bahkan mantan Walikota Solo itu menilai tema debat di atas adalah salah satu kepiawaiannya.

"Materi apa sih, masalah pangan kita tiap hari ke petani dan nelayan. Materi secara umum, secara makro kita ngerti," kata Jokowi di Mall Metropolitan Bekasi, Jumat (4/7/2014).

Bahkan Gubernur nonaktif DKI Jakarta ini sesumbar dengan mengaku tidak sama sekali memiliki persiapan khusus untuk menghadapi debat pamungkas tersebut. Saat jelang debat pertama, Jokowi sempat memanggil 3 pengamat dan ahli politik ke rumahnya untuk bisa mendapat masukan. Untuk debat kali ini Jokowi mengatakan hanya perlu perut tidak kosong untuk bisa konsentrasi.

"Sahur makan banyak, bukanya makan banyak, siangnya tidur banyak," terang Jokowi.

Dalam kesempatan berkunjung ke Mall Bekasi itu dirinya juga menyempatkan memborong baju dan sepatu. Usai dari Mall Bekasi, Jokowi kembali melanjutkan perjalanannya menuju Karawang dengan melewati Tol Cibitung, Bekasi Timur.

Namun bukan Jokowi namanya jika tak memberi kejutan. Dalam perjalanan menuju ke Tol Cibitung, tepatnya di Jalan Juanda, Bekasi, tiba-tiba Jokowi berhenti dan menuju ke salah satu pedagang di pinggir jalan. Pedagang gorengan yang ditujunya. "Pak beli gorengannya dong Pak," kata Jokowi.

Sontak pemandangan tersebut membuat kaget para warga sekitar yang melintas. Sebab dengan iring-iringan mobil yang cukup panjang, peristiwa tersebut pun sempat membuat macet Jalan Juanda. Si tukang gorengan pun kaget. "Saya pikir siapa pak. Nggak percaya saya masih," ujar tukang gorengan tersebut.

Dari kejauhan Jokowi tampak membeli cukup banyak gorengan yang dijajakan di gerobak dorong itu. Setelah itu Jokowi dan rombongan pun langsung tancap gas untuk mengejar azan magrib yang tinggal sebentar lagi menuju masjid terdekat. Maklum saat itu waktu sudah menunjukkan pukul 17.40 WIB.

Baca juga:

Jurus Andalan Debat Pamungkas
Tim Jokowi-JK: Bawaslu-Polri Harus Aktif Awasi Kampanye SARA
Debat Pamungkas Jadi Ajang Menggoda Swing Voters

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini