Sukses

Jokowi Janji Subsidi 1 Juta per Bulan untuk Keluarga Prasejahtera

Jokowi-JK akan meningkatkan profesionalisme, menaikkan gaji, dan juga kesejahteraan PNS, TNI, Polri secara bertahap selama 5 tahun

Liputan6.com, Jakarta - Pasangan capres Joko Widodo-Jusuf Kalla berjanji bila terpilih dalam Pilpres 9 Juli akan menjalankan 9 program nyata. Salah satu programnya adalah akan memberi subsidi sebesar Rp 1 juta saban bulan.
 
"Meningkatkan anggaran penanggulangan kemiskinan termasuk memberi subsidi 1 juta/bulan untuk keluarga pra sejahtera, sepanjang pertumbuhan ekonomi Indonesia di atas 7 persen," kata Jokowi di Bandung, Kamis (3/7/2014).

Tak hanya itu, Jokowi-JK juga akan menyejahterakan desa-desa dengan mengalokasikan dana desa di mana setiap desa rata-rata Rp 1,4 miliar dalam bentuk program bantuan khusus dan menjadikan perangkat desa menjadi PNS secara bertahap.

Yang ketiga, Jokowi-JK akan meningkatkan profesionalisme, menaikkan gaji, dan juga kesejahteraan PNS, TNI, Polri secara bertahap selama 5 tahun. "Program remunerasi PNS akan dituntaskan di tingkat pusat dan diperluas sampai ke level daerah," tambah Jokowi.

Adapun yang keempat, Jokowi-JK juga akan melakukan perbaikan 5.000 pasar tradisional di seluruh Indonesia dan juga membangun pusat pelelangan, penyimpanan, dan pengolahan ikan. Selanjutnya yang kelima, Jokowi-JK juga membangun program kepemilikan tanah pertanian untuk 4,5 juta kepala keluarga. Masih termasuk yang kelima, Jokowi-JK juga akan melakukan pembangunan atau perbaikan irigasi di 3 juta hektar sawah.

"Pembangunan 25 bendungan, 1 juta hektar lahan pertanian baru di luar Jawa dan pendirian bank Petani dan UMKM serta penguatan Bulog," terang Jokowi.

Kemudian yang keenam, Jokowi-JK juga berjanji akan menurunkan tingkat pengangguran dengan menciptakan 10 juta lapangan kerja baru selama 5 tahun. Berikut juga bantuan dana 10 juta/ tahun untuk UMKM atau Koperasi.

"Mendorong, memperkuat dan mempromosikan industri kreatif dan digital sebagai salah satu upaya mempercepat laju pertumbuhan ekonomi," ujar Jokowi.

Yang ketujuh, Jokowi-JK akan memberikan layanan kesehatan gratis rawat jalan/inap dengan Kartu Indonesia Sehat dimana 6000 puskesmas dengan fasilitas inap dan air bersih untuk seluruh rakyat.

Kedelapan, yang juga tak kalah penting, Jokowi-JK akan membantu meningkatkan mutu pendidikan pesantren guna meningkatkan kualitas pendidikan nasional. " Meningkatkan kesejahteraan guru-guru pesantren sebagai bagian dari komponen pendidikan bangsa," ucap Jokowi.

Terakhir kesembilan adalah, mewujudkan pendidikan bagi seluruh rakyat, termasuk petani, nelayan, buruh, difabel melalui Kartu Indonesia Pintar. Dan menyediakan fasilitas pendidikan yang baik dan target partisipasi 100 persen untuk SD, 95 persen untuk SLTP dan juga mewujudkan kurikulum berkualitas, menjamin kesejahteraan guru dan meningkatkan tunjangan bagi para guru.

"Meningkatkan kualitas guru-guru dengan melanjutkan program sertifikasi guru," tandas Jokowi. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.